SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com) – Rencana mutasi besar-besaran pejabat Pemkab Wonogiri termasuk pengisian empat jabatan eselon II yang semula ditargetkan akhir Mei, diprediksi bakal makin molor. Apalagi, jika Bupati tetap menginginkan mutasi dilakukan bersamaan antara eselon II dengan eselon lain di bawahnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandyah, kepada wartawan, Kamis (30/6/2011) mengatakan ada kemungkinkan mutasi pejabat itu baru bisa dilakukan Agustus mendatang. Menurut Rumanti, hingga kini surat persetujuan Gubernur Jateng untuk penempatan calon pejabat eselon II belum juga turun. “Surat itu masih ada pada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jateng. Kami sudah ngecek ke Semarang beberapa hari lalu dan ternyata belum ditandatangani. Sekdaprov masih mengikuti pelatihan Lemhanas. Kabarnya beliau sempat pulang ke Semarang tapi karena jadwalnya padat, belum bisa memeriksa surat pengajuan kami,” kata Rumanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rumanti mengaku berharap surat persetujuan tersebut segera turun sehingga mutasi pejabat bisa segera dilakukan. Tapi tampaknya hal itu sulit. Ada kemungkinan surat itu harus menunggu Sekdaprov selesai pelatihan Lemhanas. Rumanti menambahkan mutasi itu sebenarnya bisa dilakukan lebih cepat jika Bupati mau melakukan pelantikan secara terpisah antara pejabat eselon II dengan pejabat eselon di bawahnya. Sebab, mutasi pejabat di bawah eselon II tidak memerlukan persetujuan Gubernur dan mutasi pejabat eselon III ke bawah saat ini sudah selesai digodok Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya belum bisa memastikan apakah beliau (Bupati-red) bersedia melakukan pelantikan secara terpisah atau tetap pada keinginan awal untuk melakukan pelantikan bersama-sama. Tapi saya akan coba sampaikan usulan tersebut,” katanya, seraya mengatakan pelantikan pejabat eselon III ke bawah bisa dilakukan kapan saja.

Sementara itu, hingga berita ini disusun, Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto, yang tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan Lemhanas di Jakarta belum bisa dihubungi untuk konfirmasi. Namun sebagaimana diberitakan, Danar sejak awal memang menginginkan pelantikan dilakukan bersamaan antara pejabat eselon II dan eselon di bawahnya. Saat ditanya mengenai mutasi tersebut, pertengahan Mei lalu, Danar menargetkan mutasi bisa dilakukan paling lambat awal Juni. BKD pun sudah mengirimkan 12 nama calon ke Pemprov Jateng untuk dipertimbangkan menempati empat jabatan eselon II yang kosong.

Jabatan kosong tersebut adalah Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Adminstrasi, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM. Namun hingga pertengahan Juni, surat persetujuan Gubernur belum juga turun dikarenakan Sekdaprov tengah mengikuti Lemhanas.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya