SOLOPOS.COM - Logo Piala AFF U-19

Solopos.com, JAKARTA—Fase Grup A Piala AFF U-19 2022 memasuki matchday terakhir hari ini, Minggu (10/7/2022). Laga pamungkas ini menjadi partai hidup-mati bagi tiga tim, Vietnam, Thailand dan tuan rumah Timnas Indonesia U-19.

Partai pertama dibuka oleh pertandingan Brunei Darussalam melawan Filipina. Laga di Stadion Patriot Candrabhaga pukul 17.00 WIB ini sudah tidak menentukan lagi bagi kedua kesebelasan.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Kedua tim belum memiliki nilai dan terjerembab di dasar klasemen Grup A. Mereka menjadi lumbung gol tim-tim lain yang bisa terlihat dari selisih gol 3:13 untuk Filipina dan 0:20 bagi Brunei Darussalam.

Baca Juga: Sistem TC Timnas Indonesia U-19 Dikritik, Ini Masalahnya

Sementara partai kedua dan ketiga dimainkan bersamaan karena menentukan bagi Vietnam, Thailand maupun Indonesia. Kedua pertandingan kick-off pukul 20.00 WIB.

Vietnam melawan Thailand di Stadion Madya Senayan Jakarta sedangkan Indonesia melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Jawa Barat.

Indonesia saat ini menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan 8 poin dan selisih gol 12:1.  Indonesia harus memenangkan pertandingan jika ingin melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: Sulitkan Thailand, 2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Ini Tuai Pujian

Keharusan meraih 3 poin itu karena Vietnam dan Thailand yang saling jegal nanti malam memiliki poin sama, yaitu 10. Vietnam berada di puncak klasemen sementara Grup A karena memiliki selisih gol 11:2. Sedangkan Thailand berada di bawahnya dengan selisih gol 6:0.

Salah satu dari mereka akan tersingkir jika kalah dan pada laga lainnya Indonesia menang atas Myanmar. Sebaliknya Vietnam dan Thailand bisa lolos ke semifinal jika bermain imbang, dan pada pertandingan lainnya Indonesia kalah atau seri melawan Myanmar.

Namun jika Vietnam vs Thailand seri dan pada laga lainnya Indonesia menang dari Myanmar, nilai ketiga tim sama yaitu 11.  Penentuan siapa yang lolos semifinal akan ditentukan oleh head to head. Meski saat ini Indonesia paling produktif dengan gol +11, disusul Vietnam +9 dan Thailand +6, namun hal itu tidak menjamin karena pertama yang dilihat untuk menentukan siapa tim yang lolos adalah berdasarkan head to head di antara Vietnam, Thailand dan Indonesia.

Berikut jadwal Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7/2022):

Pukul 15.00 WIB

Brunei Darussalam vs Filipina

Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

 

Pukul 20.00 WIB

Vietnam vs Thailand

Stadion Madya Senayan Jakarta

 

Indonesia vs Myanmar

Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya