SOLOPOS.COM - Ilustrasi posisi kaki saat naik motor matik. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor dengan transmisi automatik harus dirawat dengan baik, termasuk mengganti oli dengan jadwal berikut ini.

Oli pada sepeda motor berfungsi sebagai pelumas sehingga bisa mengurangi gesekan komponen mesin. Selain itu, oli juga bisa menjadi pendingin dari panas yang timbul dari dalam mesin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, oli juga bisa menjadi pembersih kotoran dan juga mempunyai sifat anti karat karena bisa melapisi bagian logam agar tidak kontak dengan udara atau air.

Karena begitu penting terhadap performa mesin, bagi Anda pemilik sepeda motor matik harus mengetahui jadwal yang tepat untuk mengganti oli.

Baca Juga: Asal Usul Rabu Wekasan, Tradisi Turun Temurun Masyarakat Jawa

Melansir situs resmi Suzuki, berikut ini jadwal tepat untuk mengganti oli sepeda motor matik berdasarkan jarak dan juga waktu.

Jadwal Ganti Oli Sepeda Motor Matik

  • 1.000 KM

Jika sepeda motor matik kesayangan Anda sudah mencapai jarak 2.000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru. Pasalnya, oli yang sudah digunakan lebih dari 2.000 km sudah tak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan.

  • 2.000 KM

Jadwal kedua untuk mengganti oli pada sepeda motor matik adalah dengan jarak 3.000 km. Biasanya sepeda motor yang sudah menempuh jarak 3.000 km sudah dipakai lebih dari dua bulan.

Jangan sampai Anda telah mengganti oli ketika jarak tempuh sepeda motor lebih dari 3.000 km. Hal ini dikarenakan bisa membuat sepeda motor matik mendadak.

Baca Juga: Biaya Isi Bensin Full Tank Motor Vario 125 dengan Harga Pertalite Rp10.000

  • Tiap 2 Bulan Sekali dengan Jarak Tempuh 20-50 KM

Bagi Anda yang tidak menempuh jarak yang terlalu jauh dalam berkendara, Anda tetap harus mengganti oli sepeda motor setiap dua bulan sekali.

  • Jarak 200 KM dalam Satu Hari

Jadwal yang tepat untuk mengganti oli sepeda motor matik yang menempuh jarak 200 km dalam satu hari adalah dua minggu sekali.

Hal ini bertujuan agar sepeda motor tetap dalam kondisi prima sehingga bisa melaju di jalanan dengan gesit.

Baca Juga: Cara Download Video YouTube dan MP3 Soundcloud Melalui Tubidy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya