Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jadi UIN Salatiga, Rektor: Kami Siap Jadi Pusat Unggulan & Kepeloporan

Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., berharap perubahan status IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga menjadi awal mewujudkan visi Green Wasathiyah Campus.
SHARE
Jadi UIN Salatiga, Rektor: Kami Siap Jadi Pusat Unggulan & Kepeloporan
SOLOPOS.COM - IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga

Solopos.com, SEMARANG — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga resmi berubah menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN Salatiga. Perubahan status ini didasari dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 Tahun 2022 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (8/6/2022).

Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menilai perubahan IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga yang ditetapkan dengan Perpres No.88/2022 itu menjadi jalan bagi kampusnya untuk meraih cita-cita yang lebih besar.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Alih bentuk IAIN menjadi UIN Salatiga adalah cita-cita besar segenap civitas academica. Kini cita-cita tersebut telah tercapai, maka kita harus bersiap untuk mewujudkan hal yang lebih besar.”

Prof. Zakiyuddin menambahkan bahwa transformasi menjadi UIN Salatiga merupakan awal dari perjalanan menuju universitas Islam yang bisa menjadi pusat unggulan dan kepeloporan sains, teknologi, dan seni. “Resminya transformasi IAIN menjadi UIN Salatiga merupakan berkah Allah SWT dan hasil dari tekad serta perjuangan tak kenal lelah dari semua lapisan civitas academica selama tiga tahun terakhir. Kami akan meneruskan komitmen untuk mewujudkan visi Green Wasathiyah Campus,” ujarnya.

Menurut Rektor UIN Salatiga, visi Green Wasathiyah Campus adalah pekerjaan besar untuk membangun peradaban yang ramah bagi lingkungan alam dan kemanusiaan yang bermartabat serta berkesinambungan. “Saya berterima kasih kepada seluruh pimpinan, tim alih bentuk UIN Salatiga, serta civitas academica yang telah membangun dan menjaga sinergi, kolaborasi, kerja keras dan cerdas, sehingga terwujud UIN Salatiga,” pungkasnya.

Baca juga: Sah! IAIN Salatiga Resmi Jadi UIN

Ketua STAIN Salatiga Periode 2010-2014, Drs. Imam Sutomo, M.Ag. mengatakan bahwa transformasi menjadi UIN Salatiga akan menambah amanat instansi untuk berperan lebih dalam menjaga solidaritas dan toleransi di Kota Salatiga.

“Di Kota Salatiga ini ada dua perguruan tinggi berbasis agama. Keduanya akan menghadapi tantangan berat untuk menjaga predikat Kota Salatiga sebagai kota toleran di Indonesia. Visi UIN Salatiga menjadi Green Wasathiyah Campus yang mengangkat nilai wasathiyah Islam akan mempermudah untuk menggambarkan idealita masyarakat harmonis yang selalu berada di titik tengah di antara berbagai kutub ekstrem.”

UIN Salatiga saat ini memiliki 24 program studi jenjang sarjana atau S1 yang tersebar di lima fakultas, satu program khusus kelas internasional, lima program studi (prodi) pascasarjana jenjang magister atau S2, dan satu prodi jenjang doktoral atau S3.

Baca juga: IAIN Salatiga Alih Status Jadi UIN, Ini Kata Rektor

Pada 2022, sebanyak 4846 orang calon mahasiswa baru di jalur SPAN PTKIN memilih UIN Salatiga sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Sedangkan ujian PMB jalur UM-PTKIN UIN Salatiga akan dilaksanakan pada 14-15 Juni 2022. Calon mahasiswa baru masih dapat mendaftar di UIN Salatiga melalui PMB Jalur Mandiri hingga 10 Juli mendatang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode