SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengusulkan anggaran tambahan pada tahun 2011 sebesar Rp 31,1 miliar khusus untuk dana penyelengaraan tuan rumah 2 forum ekonomi internasional.

Tahun 2011 nanti Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN 2011 dan tuan rumah World Economic Forum (WEF) East Asia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Usulan dana tambahan merupakan bagian dari total usulan tambahan anggaran Kemendag sebesar Rp 341,1 miliar di 2011. Khusus untuk KTT ASEAN 2011 diusulkan sebesar Rp 24,1 miliar, dan World Economic Forum (WEF) East Asia 2011 sebesar Rp 7 miliar.

Selain itu ada usulan anggaran sekretariat Ditjen yang baru sesuai PP No. 24 tahun 2010, terkait perubahan struktur organisasi kementerian perdagangan. Usulan alokasi sebesar Rp 10 miliar untuk Ditjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen. Terakhir ada usulan anggaran untuk mengantisipasi diberlakukannya remunerasi pada tahun 2011 sebesar Rp 300 miliar.

“Usulan tambahan anggaran ini untuk membiayai kegiatan prioritas lainnya, termasuk RI jadi tuan rumah acara forum internasional,” kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu saat raker dengan Komisi VI, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/6)

Mari menjelaskan, dana untuk tuan rumah forum acara internasional itu antara lain untuk proses penyiapan acara, pertemuan-pertemuan dan pada saat acara berlangsung digelar.

Khusus untuk rencana remunerasi tahun 2011, hal ini sejalan dengan rencana pemerintah yaitu Kementerian Aparatur Negara yang mengatakan semua kementerian akan masuk reformasi birokrasi di 2011. Remunerasi akan dilakukan secara bertahap hingga 2-3 tahun ke depan hingga 100%.

Seperti diketahui, pagu anggaran usulan Kementerian Perdagangan tahun 2011 adalah Rp 1,69 triliun, atau naik dari tahun 2010 sebesar Rp 1,233 tiliun. Angka Rp 1,69 triliun di luar dari usulan tambahan sebesar Rp 341,1 miliar.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya