SOLOPOS.COM - Konferensi pers penetapan tersangka kasus kerusuhan suporter yang digelar di Lobi Polres Sleman, Selasa (26/7/2022)-Harian Jogja - Anisatul Umah

Solopos.com, JOGJA — Tagar #BelaDiy dan #Bebaskan5WargaDiy menjadi trending di Twitter Indonesia pada Minggu (31/7/2022). Dua tagar ini sebagai bentuk dukungan terhadap 5 warga Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tawuran suporter di Kota Jogja pada Senin (25/7/2022) lalu.

Dalam peristiwa tawuran itu, dua kelompok yaitu suporter Solo dan suporter Jogja saling bentrokan. Tawuran ini terjadi saat suporter Solo hendak menonton pertandingan Persis Solo melawan Dewa United di Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, dalam perjalanannya menuju ke Magelang, suporter Solo yang lewat Kota Jogja terlibat dalam aksi bentrokan. Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan lima orang tersangka. Kelima suporter yang ditetapkan jadi tersangka seluruhnya warga DI Yogyakarta.

Setelah ditetapkan tersangka itu, muncul dua tagar tersebut di Twitter. Bahkan dua tagar itu terpantau sudah ramai menjadi perbincangan netizen di media sosial Twitter sejak Sabtu (30/7/2022) malam.

Baca Juga: Adu Banteng Truk dan Bus di Kulonprogo, 1 Meninggal & 3 Orang Luka-Luka

Para netizen mendukung lima orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tawuran tersebut. Netizen memandang apa yang dilakukan suporter Jogja sebagai bentuk membela daerahnya karena diusik kelompok dari daerah lain.

Pemilik akun tukangpijet @bimaadtmm menuliskan bahwa “MEREKA MEMILIKI HAK UNTUK MELINDUNGI HARGA DIRI KOTA JOGJA INI !!”.

Akun Begundal Street @Beg… menulikan “Tetaplah kuat saudara2ku, ditengah keadilan yang sedang sakit”.

Pemilik akun Streetartkotagede @Streetartk.. menuliskan Setiap Orang didaerahnya berhak menjaga harga diri Kotanya.

Pemilik akun BM_UST @bm_ust menuliskan orang lain yang menginjak injak harga diri kotamu kau biarkan, SEDANGKAN KAMI YANG MEMBELA HARGA DIRI KOTA INI KAU TANGKAP !!!.

Baca Juga:Dianggap Jadi Penyebab Tawuran Jogja, Suporter Solo Kok Gak Ditangkap?

Pemilik akun Bois Action @AK_47_new menuliskan Tetap semangat adik2ku kalian tidak salah.

Pemilik akun Brajamusti Megangsan @BM… menuliskan 5 teman yang ditangkap itu bagi kami Pahlawan kota Jogja, dengan mempertaruhkan nyawa dia berani menjaga harga dan martabat kota Jogja yg di injak2.

Sebelumnya diberitakan, kinerja aparat kepolisian dalam menanagani kasus tawuran suporter di Jogja juga dipertanyakan anggota Komisi B DPRD Kota Jogja, Antonius Fokki Ardiyanto. Dia mempertanyakan kenapa hanya suporter dari Jogja yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Sedangkan suporter dari Solo belum ada yang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka. Menruut Fokki, kejadian tawuran kemarin terjadi karena adanya provokasi dari suporter Solo.

Baca Juga; Walah, Bangunan Cagar Budaya di Gunungkidul Dijadikan Agunan Utang

“Apalagi dari suporter Solo belum ada yang ditangkap hingga sekarang, padahal mereka yang terlebih dulu memprovokasi,” kata dia, Rabu (27/7/2022).

Dalam kasus tawuran suporter itu, Polres Bantul pada Selasa (26/7/2022) menetapkan lima orang sebagai tersangka. Kelima tersangka ini berinisial GAM, 21, merupakan wraga Piyungan, Kabupaten Bantul; tersangka MAL dan TH, 22, warga Gamping, Kabupaten Sleman; AM, 20, warga Sewon, Kabupaten Bantul; dan MAN, 21, warga Srandakan, Kabupaten Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya