SOLOPOS.COM - Hakim agung Gazalba Saleh (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Hakim agung Gazalba Saleh ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Gazalba Saleh adalah salah satu hakim yang mengurangi hukuman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dari sembilan menjadi lima tahun penjara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto menyatakan dengan ditetapkannya hakim agung Gazalba Saleh sebagai tersangka membuka kemungkinan pihaknya mengusut dugaan main mata dalam pemotongan hukuman koruptor di tingkat peninjauan kembali (PK).

Hal ini berkaca dari maraknya pemotongan masa hukuman koruptor di tingkat PK.

Baca Juga: Jadi Tersangka Pengurusan Perkara, Hakim Agung Gazalba Saleh Mangkir

Apalagi, Gazalba Saleh merupakan salah satu hakim yang memutus memotong hukuman eks Menteri KKP Edhy Prabowo dari 9 tahun menjadi 5 tahun penjara.

edhy prabowo
Terdakwa kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster tahun 2020 Edhy Prabowo tiba untuk menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (29/6/2021). (Antara Foto/Sigid Kurniawan)

“Yang jelas semuanya berdasarkan atas kecukupan alat bukti yang ada, tidak bisa kita mengatakan. Memang ada diskon pada awal-awal. Pengurangan hukuman di tingkat PK marak, itu juga menjadi perhatian kami,” kata Karyoto di Gedung KPK, seperti dikutip Solopos.com, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Suap Hakim Agung Hasilkan Tersangka Baru, Kantor MA Dijaga Tentara

Dia mengatakan, sebagai seorang hakim Gazalba tidak hanya menangani satu perkara.

Jika Gazalba sudah diperiksa, maka lembaga antirasuah pun akan mencari bukti terkait ‘main-mata’ di perkara lain.

Sebelumnya, KPK resmi mengumumkan Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus suap penanganan perkara di MA.

Baca Juga: Seusai KPK Menggeledah, MA Perketat Pengamanan dengan Libatkan TNI

KPK juga menetapkan dua tersangka baru lainnya yakni Hakim Yustisial Panitera Pengganti pada Kamar Pidana MA RI, dan Asisten Hakim Agung Gazalba, Prasetio Nugroho (PN), serta Staf Hakim Agung Gazalba, Rendhy Novarisza.

“Dalam proses penyidikan perkara dengan tersangka SD (Sudrajad Dimyati) dkk, KPK kemudian menemukan kecukupan alat bukti mengenai adanya dugaan perbuatan pidana lain dan ditindaklanjuti ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan Tersangka,” kata Karyoto kepada wartawan dalam konferensi pers, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Diungkap di Sidang, Bupati Pemalang Juga Terima Suap dari Kepala Sekolah

Gazalba berperan memutus peninjauan kembali terdakwa Budiman Gandi Suparman selaku Pengurus KSP Intidana.

Gazalba diduga menerima sejumlah uang lantaran memutus perkara tersebut.

Gazalba belum ditahan lantaran tidak hadir pada agenda pemeriksaan hari ini.

Baca Juga: Dua Mantan Anggota DPR Diperiksa terkait Korupsi Pesawat di Garuda Indonesia

Sementara itu, dua tersangka lainnya, Rendhy dan Prasetio ditahan selama 20 hari ke depan.

Atas perbuatannya, Gazalba disangkakan melanggar Pasal 12 huruf c atau Pasal 12 huruf a atau b Jo Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Hakim Agung Gazalba Tersangka, KPK Soroti Pemotongan Hukuman Koruptor di MA”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya