SOLOPOS.COM - Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada salah satu penyandang disabilitas di shelter Jl. Srindit Kota Madiun, Senin (9/8/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Setelah sebagian siswa sekolah disuntik vaksin Covid-19, kini giliran penyandang disabilitas di Kota Madiun ikut vaksinasi. Pemerintah Kota Madiun memang sedang menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Sebanyak 94 penyandang disabilitas mulai menjalani vaksinasi Covid-19, Senin (9/8/2021). Para penyandang disabilitas juga menjadi prioritas supaya daya dahan tubuhnya kuat dari serangan virus corona.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Ternyata Perilaku Masyarakat Madiun Berubah Saat PPKM Diterapkan

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Madiun, Rita Susanti, mengatakan ada 89 orang disabilitas seperti tuna rungu, tuna netra, tuna wicara dan tuna daksa. Selain itu, ada lima orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang juga mengikuti vaksinasi ini. Selain itu, juga ada lima tenaga pendamping yang juga mengikuti vaksinasi.

“Vaksin yang digunakan ini adalah vaksin Sinopharm. Mereka juga mendapatkan dua kali dosis,” ujar dia.

Baca juga: Walah! Kasus Perceraian di Jombang Tinggi Selama Pandemi

Rita menuturkan warga penyandang disabilitas di Madiun yang diikutkan vaksinasi hanya yang berusia di atas 18 tahun. Sedangkan bagi disabilitas yang lanjut usia terlebih dahulu menjalani skrining kesehatan.

Sebelumnya, sudah ada 42 orang penyandang disabilitas yang ada di lembaganya mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Sadis! Pemuda Bunuh dan Cabuli Perempuan di Pinggir Pantai Pacitan

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan penyandang disabilitas juga menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mereka juga harus mendapatkan perlindungan yang sama supaya terhindari dari Covid-19.

“Disabilitas harus kita amankan. Artinya juga harus dapat vaksin. Mereka punya hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan,” jelas dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya