SOLOPOS.COM - Warga Andong Boyolali, Harun Al Rosid, mengantar sapi kurban pesanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Masjid Agung Solo, Sabtu (9/7/2022) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Moli, sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi salah satu daya tarik pengunjung Masjid Agung Keraton Solo.

Moli disembelih pertama kali oleh panitia Iduladha 1443 H/ 2021 M Masjid Agung Keraton Solo di antara seluruh sapi kurban yang ada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Total ada 7 ekor sapi dan 12 ekor kambing yang disembelih di Halaman Masjid Agung Keraton Solo, Minggu (10/7/2022).

Sebelumnya, Moli tiba di Masjid Agung Solo, Sabtu (9/7/2022) sekitar pukul 16.30 WIB. Sapi berjenis limosin dengan bobot 1.010 kilogram itu diangkut truk dari Andong, Boyolali. Moli dibeli seharga Rp100 juta dari peternak bernama Harun asal Boyolali.

Saat digiring menuju tempat penyembelihan puluhan warga juga turut berlari di belakang Moli. Ada sekitar lima orang panitia yang menggiring Moli hingga ke tempat penyembelihan. Lokasi penyembelihan berada di Halaman Kantor Yayasan Jamaah Masjid Agung Solo, tepat di sisi utara masjid.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Pengaruhi Empuk Tidaknya Daging Kambing

Area penyembelihan juga dibatasi oleh road barrier besi di sekelilingnya. Hal itu ditujukan agar penonton tak melihat penyembelihan hewan kurban terlalu dekat. Petugas Linmas juga berjaga.

Dua kaki belakang Moli diikat lebih dulu hingga ia ambruk. Setelah itu, badan Moli tampak sedikit lemas. Salah satu panitia menghadapkan kepala Moli ke arah barat. Kemudian penyembelihan dimulai.

Butuh waktu sekitar 17 menit untuk menenagkan dan menyembelih Moli hingga berhaskl. Seitar pukul 08.03 WIB, penyembelihan Moli rampung. Seusai disembelih, bagian tubuh Moli ditutup dengan terpal. Kemudian sapi-sapi lain secara bergantian ditempatkan di lokasi penyembelihan.

Baca Juga: Pendapi Gede Balai Kota Solo Tak Dipakai Salat Iduladha, Kenapa?

Penyembelihan Moli jadi salah satu daya tarik bagi anak anak. Misalnya Mizan, 11. Ia mengatakan, dirinya tahu Moli merupakan sapi kurban Presiden Jokowi. Bahkan ia tak merasa takut melihat penyembelihan Moli.

“Lihat sapinya Pak Jokowi. Iya tahu, tadi pagi juga habis lihat. Enggak [takut],” terang Mizan kepada Solopos di sela-sela ia melihat penyembelihan sapi.

Begitu pun Almira, 9, juga mengatakan ia mengetahui ada sapi kurban dari Presiden Jokowi. Ia juga sempat melihat Moli setelah ia selesai mengikuti salat Iduladha.

“Tahu. Tadi sempat lihat habis dari mesjid,” jelas Mira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya