SOLOPOS.COM - Joko Suranto (kanan)"Crazy Rich Grobogan" memperhatikan pengendara yang melintas di jalan yang dibangunnya dengan dana sendiri Rp2,8 miliar di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Sabtu (30/4/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, SOLO — Bergelimang harta setelah menjadi pengusaha sukses di Bandung, Jawa Barat (Jabar), tak membuat crazy rich asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Joko Suranto, melupakan bagian penting dari perjalanan hidupnya.

Salah satunya fase ketika sekitar 12 tahun dirinya mengakrabi seluk beluk Kota Solo dengan segudang kuliner merakyatnya. Salah satu yang tidak dilupakannya adalah nongkrong di hik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hingga kini, Joko rutin berkunjungan ke kota yang menurutnya sudah menjadi rumah bagi dirinya dan keluarga kecilnya.

Saat berbincang dengan Solopos.com di rumahnya di Kelurahan Jajar, Laweyan, Solo, Jumat (6/5/2022) siang, bapak dari tiga orang anak itu mengaku terlanjur merasa nyaman dengan Kota Solo. Sehingga pada momen libur Lebaran 2022 dia pulang ke Solo.

Dia mengajak serta sang istri, Taufiana Hidayati, dan tiga anaknya. Joko mengajak mereka mengunjungi sejumlah tempat yang hingga kini masih meninggalkan kenangan manis baginya. Salah satunya Warung Makan Nasi Gudangan Trancam Yu Nah Solo.

Baca Juga: Joko Suranto Crazy Rich Grobogan Ternyata Pernah Jualan Koran

Warung itu terletak tak jauh dari tempatnya menimba ilmu semasa remaja, yaitu di SMA Muhammadiyah 1 Solo.

Saat masih muda, Joko rutin berkunjung di warung itu. “Ini saya dan keluarga sudah ke sana. Kami rutin ke situ kalau di Solo,” aku dia.

Joko merasa bersyukur istri dan anak-anaknya senang ketika diajak makan di warung tersebut. Tidak hanya nasi trancam, dia mempunyai cukup banyak menu kuliner kegemaran di Solo, termasuk kuliner di angkringan atau hik yang jadi ikon Solo.

Suasana makan di HIK Solo yang penuh dengan kehangatan obrolan antarpembeli selalu dirindukan Joko.

Baca Juga: Wow! Joko Suranto Crazy Rich Grobogan Pernah Bangun 30 Masjid

Tak ada sekat atau strata sosial ketika para pembeli bertemu dan memperbincangkan banyak hal. Pola komunikasi yang dijalin pun layaknya sahabat karib.

“Saya juga suka nge-HIK dulu di Solo,” ungkap dia.

Tak hanya itu, Joko mengaku mempunyai banyak kuliner lain kegemaran di Solo. Termasuk soto yang banyak bertebaran di Solo, dan sate. Ketika ada kesempatan dia selalu mampir makan di warung yang ada.

Seperti diketahui, sosok Joko beberapa pekan terakhir viral setelah rela membangun jalan di kampung halamannya di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, menggunakan uang pribadinya hingga Rp2,8 miliar. Joko mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Baca Juga: Tajir Melintir! Ini Sumber Kekayaan Joko Suranto Crazy Rich Grobogan

Apa yang dilakukan dia telah menginspirasi banyak orang untuk juga berbuat yang sama demi menolong sesama.

Joko ternyata pernah tinggal lama di Solo, ketika menempuh studi di jenjang SMA dan kuliah di Fakultas Hukum (FH) UNS Solo.

“Kalau boleh, ya saya merasa orang Solo. Kawan saya jauh lebih banyak di Solo, sahabat saya jauh lebih banyak di Solo daripada di Purwodadi. Saya SMA di Solo, kuliah lima tahun di Solo, lulus akhir 1993, dan sampai 1996 saya masih di Solo,” ungkap dia.

Joko menghitung masa tinggalnya di Kota Bengawan kala itu sekitar 12 tahun. Angka yang sama ketika dia lahir dan menjalani masa anak-anak di Grobogan.

Baca Juga: Joko Suranto Crazy Rich Grobogan: Pengusaha Sukses Lulusan Kampus Solo

“Jadi 12 tahun saya hidup di Solo. Sama ketika saya di Purwodadi. Di sana juga 12 tahun,” urai dia.

Bapak dari tiga orang anak tersebut lantas menceritakan perjalanan hidupnya sejak dilahirkan di Grobogan pada 20 Januari 1969.

Anak ke empat dari lima bersaudara tersebut menjalani masa anak-anak di kampung halamannya, hingga lulus sekolah dasar.



“Saya di Jetis hanya sampai lulus SD. SMP saya sudah bergerak di Solo dan sekitar. SMA Muhammadiyah 1 Solo, lalu kuliah di Fakultas Hukum UNS Solo. Lulus kuliah luntang lantungnya juga di Solo, sampai 1996 akhir saya keluar Solo,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya