SOLOPOS.COM - Elon Musk. (Instagram/@elonmuskk)

Solopos.com, SOLO-Nama Elon Musk jadi perhatian gara-gara mengakuisisi Twitter, profil lengkapnya pun dicari banyak orang. Sebagaimana diketahui Elon Musk menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi Twitter Inc. senilai US$44 miliar atau setara Rp633 triliun (asumsi kurs Rp14.400).

Ketika kesekapakan nanti diselesaikan, status perusahaan jejaring sosial ini akan menjadi perusahaan tertutup (private company). Seperti dilansir Bisnis dari Bloomberg, Selasa (26/4/2022), akuisisi ini akan menjadi salah satu kesepakatan pembelian dengan leverage terbesar dalam sejarah akuisisi platform jejaring sosial berusia 16 tahun yang telah menjadi pusat perhatian publik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikenal sebagai orang terkaya sejagat, seperti apakah profil lengkap Elon Musk?  Dikutip dari berbagai sumber, pria bernama lengkap Elon Reeve Musk FRS kelahiran 28 Juni 1971 ini adalah tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat.

Baca Juga: Kuasai Twitter Senilai Rp633 Triliun, Berapa Jumlah Kekayaan Elon Musk?

Ia merupakan pendiri, CTO, dan CEO SpaceX,  CEO dan arsitek produksi Tesla, pendiri The Boring Company, dan pendiri Neuralink.  Dalam hal pendidikan, setelah mengikuti kuliah perdagangan di Queen’s School of Business selama dua tahun, Musk mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari the Wharton School of the University of Pennsylvania  dan sarjana fisika.

Musk melanjutkan Studi Ph.D. Fisika ke Stanford University pada tahun 1995 namun hanya mengikuti kelas selama 2 hari untuk melanjutkan kariernya dengan mendirikan Zip2, Musk juga ikut berperan dalam berdirinya PayPal. Musk memiliki tiga kewarganegaraan yaitu Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat.

Musk adalah pendiri beberapa perusahaan teknologi populer, termasuk SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif; OpenAI, SolarCity, Neuralink, serta beberapa perusahaan lainnya. Musk menyatakan bahwa dengan perusahaan-perusahaan ini didirikannya dengan tujuan mengubah dunia dan kehidupan manusia termasuk mengurangi pemanasan global melalui peningkatan produksi dan konsumsi energi terbarukan. Ia juga berharap dapat mengurangi risiko punahnya umat manusia dengan meningkatkan teknologi untuk hidup di planet lain, khususnya di Mars.

Baca Juga: Akuisisi Twitter Senilai Rp633 Triliun, Ini Ide-Ide Gila Elon Musk

Profil lengkap Elon Musk dalam kehidupan pribadi adalah terlahir dari pasangan ibu Kanada dan ayah Afrika Selatan lahir di Pretoria, Afrika Selatan. Ibunya bernama Maye Musk, seorang model dari Regina, Saskatchewan, Kanada, sementara ayahnya adalah Errol Musk, seorang ahli elektromekanika, pilot, dan juga pelaut.

Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Kimbal (lahir pada 1972) dan adik perempuan, Tosca (lahir 1974). Neneknya berasal dari Britania Raya, sementara kakeknya berasal dari Amerika Serikat. Setelah orang tuanya bercerai pada  1980, Elon tinggal bersama ayahnya di Pretoria.

Sejak kecil, Elon sangat senang membaca dan belajar. Pada usia 10 tahun, ia mulai tertarik dengan mempelajari teknik komputer. Pada usia 12 tahun, ia belajar pemrograman dan berhasil membuat serta menjual kode komputer pada majalah komputer untuk sebuah gim yang ia beri nama Blastar dengan harga US$500.

Elon lulus dari Pretoria Boys High School dan pindah ke Kanada 1989 pada usia 17 tahun untuk menghindari wajib militer di Afrika Selatan. Pada  1992, setelah belajar selama dua tahun di Queen’s University, Kingston, Ontario, Musk pindah ke Wharton School di University of Pennsylvania  dan memperoleh gelar S1 dalam bidang ekonomi dan S1 kedua dalam bidang fisika.  Ia pindah ke California untuk mengejar gelar Ph.D. dalam bidang fisika terapan di Stanford namun keluar setelah dua hari demi mengejar keinginannya untuk berwiraswasta di sektor Internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

Baca Juga: Elon Musk Tantang Duel Vladimir Putin karena Invasi Ukraina

Dalam kehidupan percintaan, dikutip dari pramborsfm.com, Selasa (26/4/2022), kali terakhir Elon Musik menjalin hubungan dengan Grimes. Namun pasangan kekasih yang dikaruniai anak bernama X Æ A-Xii ini dikabarkan telah putus. Sebelum dengan Grimes, Elon telah menikah beberapa kali. Pernikahan pertamanya dengan penulis Justine Wilson berlangsung selama sekitar 8 tahun (2000-2008) dan telah menghasilkan lima anak yang terdiri dari kembar Griffin dan Xavier (17 tahun) dan kembar tiga Damian, Saxon, dan Kai (15 tahun).

Cerai dari Justine, Elon menikah kedua kalinya dengan aktris Talulah Riley pada 2010 dan bercerai pada 2012. Mereka sempat rujuk setahun kemudian dengan menikah kembali pada 2013 dan kembali berpisah pada 2016.

Miliarder kelahiran Afrika Selatan itu juga sempat berkencan dengan Amber Heard dari 2017 hingga 2018, setelah pernikahan Amber dengan Johnny Depp kandas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya