SOLOPOS.COM - Elon Musk bos Tesla dan SpaceX. (Youtube-TED)

Solopos.com, SOLO – CEO Tesla, Elon Musk, resmi mengakuisisi Twitter Inc. senilai US$44 miliar atau setara Rp683 triliun. Nama Elon Musk sendiri tercatat sebagai orang paling kaya sejagat. Lalu apa saja daftar bisnis yang ditekuni oleh Elon Musk?

Dilansir dari Forbes, Sabtu (29/10/2022), total harta kekayaan Elon Musk terus meningkat sejak 2020. Saat ini, harta kekayaan dia mencapai USD219 miliar atau setara Rp3.407 triliun. Harta kekayaan itu berasal dari enam perusahaan yang dimiliki Elon Musk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut adalah daftar bisnis dijalankan Elon Musk hingga ia bisa menasbihkan diri sebagai orang paling kaya sejagat. Elon Musk mendirikan enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX dan startup tunneling Boring Company.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia memiliki sekitar 25% dari Tesla antara saham dan opsi, tetapi telah menjanjikan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan untuk pinjaman. SpaceX, didirikan pada 2002, bernilai $127 miliar setelah putaran pendanaan pada Mei 2022. Angka itu nilainya empat kali lipat dalam tiga tahun sebelumnya. Boring Company mengumpulkan harta kekayaan $675 juta pada April 2022.

Daftar bisnis lain yang digeluti Elon Musk adalah Zip2 dan X.com. Nama terakhir merupakan salah satu bank online pertama di dunia. Pada 2000, X.com telah bergabung dengan Confinity Inc, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Silicon Valley. Perusahaan gabungan tersebut mengubah namanya menjadi PayPal yang kemudian dibeli eBay pada 2002 seharga $1,5 miliar.

Baca Juga: Sah, Elon Musk Akuisisi Twitter Rp683 Triliun, Petinggi Twitter Dirombak Total

Dengan akuisisi eBay atas PayPal, Musk dapat dengan mudah memilih untuk pensiun. Tetapi, ia mengabil langkah sebaliknya. Ia lantas menginvestasikan sebagian besar uangnya untuk dua usaha besar yang terpisah.

Tesla Motor masuk daftar bisnis Elon Musk yang cukup besar. Produsen kendaraan listrik dan perusahaan energi bersih itu didirikan Musk pada Juli 2003 bersama Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Pada tahun 2004. Musk berinvestasi $6,5 juta di perusahaan, menjadi pemegang saham terbesar.

Pada 2008, Musk menjadi CEO Tesla. Pada tahun berikutnya, perusahaan mulai memproduksi model mobil pertamanya, Roadster. Usaha besar kedua Elon Musk di awal 2000-an adalah perusahaan kedirgantaraan SpaceX, yang ia dirikan dengan dukungan insinyur roket Tom Mueller.

Baca Juga: Selain CEO, Elon Musk Juga Pecat 3 Petinggi Twitter

Awalnya, SpaceX berkantor pusat di sebuah gudang di El Segundo, California. Hingga September 2021, SpaceX berhasil menyelesaikan peluncuran orbital pertamanya dari semua kru swasta. Sementara itu, Tesla Model 3 menjadi mobil listrik pertama yang terjual 1 juta unit secara global.

Hal itu membuat laba kuartalan perusahaan mencapai $1 miliar untuk kali pertama. Demikian informasi daftar kekayaan Elon Musk yang membuatnya menjadi orang paling kaya di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya