SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA -- Toyota Avanza kembali menjadi mobil terlaris pada periode Maret 2021 menyusul harga mobil ini yang lebih terjangkau. Harga Avanza sedikit turun berkat stimulus diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah.

Mengacu pada laporan wholesales Gaikindo terbaru, Toyota Avanza kembali mengisi daftar puncak mobil paling banyak dibeli sepanjang Maret 2021 dengan penjualan 7.251 unit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Prestasi tersebut menjadi catatan positif bagi Avanza. Hal itu karena MPV produksi Toyota ini sempat lengser dari puncak mobil terlaris lantaran disalip oleh Honda Brio pada tahun lalu.

Baca juga: 5 Ekspektasi Terhadap Pasangan Ini Sebaiknya Dihindari

Toyota Rush juga sukses menyalip Honda Brio. Rush merangsek ke nomor dua daftar mobil terlaris bulan lalu dengan total penjualan 6.930 unit. Adapun, Honda Brio kali ini harus puas berada di peringkat ketiga mobil terlaris untuk bulan Maret 2021 dengan 6.326 unit.

Penjualan dari pabrik ke dealer atau wholesales selama Maret 2021 tercatat sebanyak 84.910 unit, atau naik 72,6 persen dibandingkan Februari 2021.

Selain itu, penjualan dari dealer ke konsumen atau ritel pada pada bulan lalu membukukan 77.511 unit. Angka ini tumbuh 65,1 persen jika disandingkan dengan kinerja bulan Februari yang hanya 46.943 unit.

Baca juga: Vaksinasi Guru demi Menjaga Mutu Pendidikan

Diskon Pajak 10 Persen

Seperti diketahui, relaksasi PPnBM berlandaskan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 20/PMK.010/2021 tentang PPnBM Atas Penyerahan BKP Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah.

Pemerintah mengatakan relaksasi PPnBM 0 persen yang dimaksudkan untuk mendorong industri otomotif ini berlaku untuk mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500cc.

Kini, terbukti regulasi stimulus itu sukses mengerek penjualan mobil. Sekaligus membuat mobil yang masuk daftar penerima diskon, menjadi mobil terlaris.

Baca juga: Merasa Lelah Setelah Rapat Virtual? Ini penjelasan Pakar

Mengacu pada regulasi tersebut, PPnBM untuk Toyota Avanza dipatok 10 persen dari total harga jual on the road (OTR).

Dengan demikian, harga jual semua tipe Toyota Avanza akan mendapat diskon sebesar 10 persen. Stimulus PPnBM 0 persen ini berlaku mulai Maret 2021 hingga Mei 2021 dan secara langsung memangkas atau menurunkan harga mobil baru.

Berikut harga mobil untuk semua model dan tipe mobil terlaris Toyota Avanza dengan PPnBM 0 persen. Diskon PPnBM 0 Persen untuk Avanza berkisar Rp12,6 juta hingga Rp15 juta per unit.

Baca juga: Perusahaan di Wonogiri dan Boyolali mulai Buka Lowongan, Mana Saja?

Toyota Avanza 1.3 E STD M/T harga Rp187,6 juta

Toyota Avanza 1.3 E STD A/T harga Rp197,9 juta

Toyota Avanza 1.3 E M/T harga Rp189,8 juta

Toyota Avanza 1.3 E A/T harga Rp200,2 juta

Toyota Avanza 1.3 G M/T harga Rp206,7 juta

Toyota Avanza 1.3 G A/T harga Rp216,5 juta. Tertarik belanja mobil terlaris Maret 2021?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya