SOLOPOS.COM - Irawati Kusumorasri. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah kerabat Pura Mangkunegaran Solo menyambut baik pengumuman Gusti Pangeran Hario (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai penerus takhta bergelar Mangkunagoro X.

Bhre diharapkan mampu memaksimalkan eksistensi Praja Mangkunegaran melalui pengembangan seni budaya dan pariwisata. Hal itu disampaikan Kerabat Pura Mangkunegaran yang juga pegiat seni Solo, Irawati Kusumorasri, Rabu (2/3/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia melihat Bhre sebagai sosok muda yang visioner. Harapannya, sebagai MN X nantinya, Bhre mampu mempertahankan posisi Pura Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan sekaligus kesenian.

Baca Juga: Jadi Penerus Takhta Mangkunegaran Solo, Bhre Ternyata Masih Lajang Loh

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu juga menjembatani seni kebudayaan yang ada dengan generasi muda. “Beliau adalah generasi milenial yang biasanya memiliki pemikiran maju. Beliau juga selalu bisa diajak belajar,” kata Ira.

Lebih luas lagi, Irawati berharap Bhre bisa lebih memaksimalkan eksistensi Pura Mangkunegaran Solo. Mulai dari bidang kesenian, pendidikan, kebudayaan, hingga pariwisata.

Dengan demikian ke depan bisa dikelola secara mandiri. Hal yang tak kalah penting, menurut Ira, adalah Pura Mangkunegaran bisa menyejahterakan para abdi dalem. Demi mewujudkan hal itu, Irawati mengatakan Gusti Bhre juga perlu menggandeng kerabat keluarga besar Mangkunegaran.

Baca Juga: Segera Jadi Mangkunagoro X, Ini Pesan Pemerhati Budaya Solo untuk Bhre

Banyak kerabat Pura Mangkunegaran Solo bisa diajak untuk berdiskusi demi pengembangan istana. “Kalau perlu dibuat tim ting teng dari kerabat, banyak banget yang pinter-pinter. Beliau akan memilih mana yang memungkinkan untuk dilakukan,” terang Ira.

Penerus Takhta

Lebih lanjut, Ira mengatakan kepiawaian Bhre tak perlu diragukan lagi. Sebelum ini, Bhre penah menjadi founder festival jaz internasional pada 2019. Festival tersebut terbilang berhasil dengan mendatangkan lebih dari 10.000 penonton. Sedianya festival yang sama akan digelar pada 2020. Namun berhenti karena pandemi Covid-19.

Sebelumnya, pengumuman Bhre sebagai penerus takhta MN IX disampaikan melalui jumpa pers oleh kerabat dan pengageng Pura Mangkunegaran Solo yakni Raden Tumenggung Supriyanto Waluya, Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, KPH Cuk Susilo, serta RMH Haryo Dananjoyo AB, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Bhre Cakrahutomo yang Diumumkan sebagai Mangkunagoro X

Lilik menyampaikan lembar pengumuman dengan judul wara-wara tersebut. Inti dari pengumuman yakni Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menjadi penerus MN IX. Selanjutnya bakal dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro X (KGPAA) MN X dengan adat jumenengan dalem pada Sabtu Pahing tanggal 8 ruwah alip 1955 atau Sabtu (12/3/2022).

Masih berdasarkan wara-wara tersebut dituliskan bahwa penetapan penerus takhta telah melalui proses musyawarah antar keluarga besar serta kerabat mendiang KGPAA MN IX serta berdasarkan adat istiadat Pura Mangkunegaran Solo.

Sementara sebagai penandatangan surat pengumuman tersebut yakni dua saudara perempuan MN IX yakni GRAy Retno Rosati Notohadiningrat serta GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya