SOLOPOS.COM - Putra bungsu KGPAA Mangkunagoro IX, Bhre Cakrahutomo. (Detik.com

Solopos.com, SOLO — Selain mengumumkan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai penerus takhta dengan gelar KGPAA Mangkunagoro X, Pura Mangkunegaran Solo juga mengumumkan tanggal jumenengan atau penobatannya.

Jumenengan Bhre dijadwalkan pada Sabtu (12/3/2022). “Dene tata cara adat Jumenengan-Dalem badhe kalampahaken ing dinten Sabtu Pahing tanggal 9 Ruwah Alip 1055 utawi suryo kaping 12 Maret 2022,” ujar Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso, saat membacakan wara-wara di Pura Mangkunegaran Solo, Selasa (1/3/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pura Mangkunegaran mengundang awak media pada pengumuman tersebut. Ia didampingi RT Supriyanto Waluyo, KPH Cuk Susilo, dan pemuda Pura Mangkunegaran RMH Haryo Dananjoyo AB. Pengumuman itu dibacakan oleh Lilik mewakili GRAy Retno Rosati Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat.

Baca Juga: Begini Penampakan Surat Wara-Wara GPH Bhre Sebagai Mangkunagoro X

Acara berlangsung singkat tanpa ada kesempatan bagi jurnalis untuk tanya jawab. Bhre Cakrahutomo tidak terlihat muncul di lokasi pengumuman, yaitu di sisi timur pendapa.

Seperti diketahui, ada tiga nama yang muncul dan dinilai layak menjadi penerus takhta di Pura Mangkunegaran Solo sepeninggal KGPAA Mangkunagoro IX. Selain Bhre Cakrahutomo yang merupakan putra Mangkunagoro IX dengan permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi, ada kakaknya yang berbeda ibu, GPH Paundrakarna Jiwa Suryonagoro.

Paundra merupakan putra Mangkunagoro IX dengan istrinya yang pertama, Sukmawati Soekarnoputri. Paundra lahir saat Mangkunagoro IX belum jumeneng.

Baca Juga: Resmi! Mangkunegaran Solo Umumkan Bhre Cakrahutomo Jadi Mangkunagoro X

Musyawarah Keluarga

Satu calon lainnya yang juga dinilai layak adalah KRMH Roy Rahajasa Yamin yang merupakan cucu Mangkunagoro VIII sekaligus cucu Mr Moh Yamin, sahabat Bung Karno.

Saat wafat pada 13 Agustus 2021 lalu, Mangkunagoro IX tidak meninggalkan wasiat mengenai siapa yang akan menjadi penerusnya sehingga keluarga inti Mangkunegaran harus menentukan sosok penerus itu melalui musyawarah keluarga.

Baca Juga: Bhre Disebut Calon Terkuat MN X, Begini Komentar Panjang Lebar Paundra

Musyawarah ini berlangsung sejak peringatan 100 hari wafatnya Mangkunagoro IX, November2021 lalu. Kini, keluarga inti Mangkunegaran sudah membuat keputusan bahwa Bhre lah yang akan menjadi penerus kepemimpinan Pura Mangkunegaran.

Bhre yang pada 29 Maret nanti genap berusia 25 tahun merupakan lulus Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Dia sempat tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI berhasil mendapatkan gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya