SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan perumahan (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo, Jawa Tengah, menyebut perizinan perumahan paling tinggi berada di Kecamatan Kartasura. Saat Kartasura menjadi lokasi terfavorit perumahan di Sukoharjo, berapa kisaran harga rumah di kecamatan ini?

Kepala Bidang (Kabid) DPKP Sukoharjo, Taufik Aditama, ketika ditemui Solopos.com, Kamis (24/3/2022) di kantornya di Menara Wijaya Lantai VI, Jl. Jend. Sudirman Sukoharjo, mengatakan sejak 2019 hingga 2021 jumlah perumahan baru di Kartasura mencapai 1.294 unit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Setelah Kartasura ada Kecamatan Sukoharjo, dan saat ini masih masuk perizinan dari beberapa pengembang dari berbagai daerah di Sukoharjo, rata-rata setiap bulan 5-6 pengembang mengajukan perijinan perumahan dengan jumlah 14-100 unit rumah,” jelasnya.

Baca Juga: Lokasi Terfavorit Perumahan di Sukoharjo Ternyata Ada di Sini

Dia menambahkan posisi ketiga berada di wilayah Mojolaban dengan jumlah 923 unit, disusul Baki sejumlah 850, Gatak dengan 497 unit, Grogol 405 unit, Nguter 331, Bendosari 159 unit, Polokarto 91 unit dan terakhir Bulu dengan 21 unit.

Saat pertumbuhan perumahan di Kartasura sangat singnifikan, harga rumah di kecamatan ini sangat variatif. Solopos.com melakukan pengecekan harga rumah di Kartasura di beberapa laman jual beli rumah seperti OLX dan rumah.com

Di laman OLX, tercatat ada 1.877 unit rumah di Kartasura yang ditawarkan. Solopos.com melakukan filter wilayah (Kartasura) dan filter properti yaitu rumah dijual. Tercatat harga rumah di perumahan baru yang paling murah ada di kisaran Rp250 jutaan. Rumah ini memiliki tipe 36/72 dan berlokasi di Gumpang, Kartasura.

Baca Juga: Lahan Kosong Nyaris Habis, Pembangunan Perumahan di Jaten Stagnan

Sedangkan harga yang cukup banyak muncul adalah rumah di kisaran Rp300 juta hingga Rp500 juta. Perumahan di kawasan Kartasura banyak menawarkan rumah tipe 36/72 dan 45/90 untuk kisaran harga tersebut.

Harga rumah termahal di Kartasura yang ada di OLX adalah Rp22 miliar. Rumah ini memiliki luas bangunan 400 meter persegi dengan luas tanah 2.185 meter persegi. Pemasang iklan di OLX menyebut rumah ini adalah joglo antik disertai limasan dan furniture antik. Rumah ini disebut memiliki empat kamar dan emat kamar mandi.

Sedangkan di laman rumah.com, harga rumah termurah di Kartasura adalah R210 juta yang berada di kawasan Kartasura. Ada pula rumah senilai Rp235 juta yang ditawarkan. Lokasi perumahan ini disebut tidak jauh dari IAIN Surakarta. Rumah ini memiliki tipe 36/63.

Baca Juga: Masih Ada Pengembang Belum Serahkan PSU Perumahan ke Pemkab Sukoharjo

Sedangkan harga rumah termahal yang ditawarkan di situs ini adalah Rp12,75 miliar. Rumah ini disebut berada di Singopuran, Kartasura. Rumah ini memiliki luas bangunan 700 meter persegi dengan luas tanah 1.399 meter persegi. Rumah ini memiliki sembilan kamar tidur dan tujuh kamar mandi.

Taufik mengatakan faktor wilayah sangat memengaruhi pemilihan lokasi perumahan. Menurut dia, Kartasura menjadi pilihan karena letaknya strategis dan dekat dengan kawasan kota.

“Karena [posisinya] perbatasan Solo, Boyolali, Karanganyar mungkin ya. Kalau karena harga tanah di Kartasura sepertinya tidak,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya