SOLOPOS.COM - Celah median jalan Jogja-Solo di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper ditutup menggunakan water barrier, Senin (5/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Celah median jalan di ruas jalan jalan raya Jogja-Solo, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper ditutup. Penutupan itu dilakukan pascakecelakaan lalu lintas mengakibatkan seorang prajurit TNI yang berkendara sepeda motor meninggal dunia yang terlibat kecelakaan dengan truk saat akan menyeberang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penutupan sementara celah median jalan itu dilakukan Jumat (2/12/2022). Celah median jalan ditutup menggunakan water barrier dan diberi garis menggunakan pita plastik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penutupan dilakukan petugas dari Satlantas Polres Klaten, Dishub Klaten, dan TNI. Sebelumnya, celah median jalan itu menjadi akses penyeberangan truk pengangkut material uruk.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, melalui Kasatlantas Polres Klaten, AKP Sugiyanto, membenarkan penutupan celah median jalan tersebut. Celah median jalan itu berada di jalur rawan kecelakaan dengan kondisi ruas jalan lurus.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebelumnya ada kecelakaan lalu lintas kemudian dilakukan penutupan sementara. Pertimbangannya karena tidak ada yang mengatur [arus lalu lintas]. Padahal itu kan menjadi crossing dan daerah rawan karena berada pada jalur lurus serta tidak ada petugas di sana. Agar tidak ada korban jiwa lagi, akhirnya ditutup,” kata Kasatlantas saat dihubungi Solopos.com, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Bos Cor Logam Klaten Jadi Salah Satu Korban Laka Maut di Tol Boyolali

Kasatlantas menjelaskan segera berkoordinasi dengan instansi yang menangani ruas jalan raya Jogja-Solo. Hal itu guna memastikan celah median jalan tersebut legal atau ilegal. Jika celah median jalan di Kuncen itu ilegal, maka akan dilakukan penutupan permanen.

Sebelumnya, sudah ada penutupan celah median jalan ilegal dan rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalan raya Jogja-Solo.

“Sudah ada sekitar enam celah median jalan ilegal yang ditutup permanen. itu berada di wilayah Kecamatan Jogonalan dan wilayah Delanggu,” kata Kasatlantas.

Pada Jumat (2/12/2022), kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor dan truk di ruas jalan raya Jogja-Solo, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper. Pengendara sepeda motor yang merupakan anggota Kodim 0723/Klaten berpangkat Sersan Dua (Serda) berinisial BS, 45, meninggal dunia.

Baca Juga: Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelumnya sepeda motor yang dikendarai BS melaju dari arah Klaten menuju ke Solo. Sementara, truk berjalan dari lokasi proyek tol Solo-Jogja di Kuncen dan menyeberang jalan menuju ke celah median jalan.

Diduga lantaran jarak berdekatan, kecelakaan tak bisa terhindarkan. BS sempat dilarikan ke rumah sakit namun akhirnya meninggal dunia. Kecelakaan tersebut masih dalam pemeriksaan lebih lanjut oleh Unit Gakkum Satlantas Polres Klaten.

Dandim 0723/Klaten, Letkol Czi. Bambang Setyo Triwibowo, membenarkan salah satu anggota TNI meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di wilayah Kuncen. Serda BS bertugas sebagai Babinsa di wilayah Koramil Juwiring.

“Memang salah satu anggota kami mengalami kecelakaan lalu lintas saat mau dinas. Untuk olah TKP ditangani dari Polres. Karena ini anggota TNI, kami sudah melaporkan ke Denpom juga. Almarhum merupakan Babinsa Koramil Juwiring. Kami sangat berduka, sangat kehilangan beliau dan beliau prajurit yang berdedikasi tinggi,” kata Dandim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya