Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jadi Lokasi Favorit, Harga Rumah di Kartasura Capai Rp22 Miliar

Harga rumah di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, mencapai Rp22 miliar per unit.
SHARE
Jadi Lokasi Favorit, Harga Rumah di Kartasura Capai Rp22 Miliar
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan sektor perumahan (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menjadi lokasi favorit pembangunan perumahan. Harga Rumah di Kartasura pun meningkat seiring banyaknya izin pembangunan perumahan di sana.

Pertumbuhan perumahan di Kartasura sangat singnifikan, harga rumah di kecamatan ini sangat variatif. Solopos.com melakukan pengecekan harga rumah di Kartasura di beberapa laman jual beli rumah seperti OLX dan rumah.com, Sabtu (26/3/2022).

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Harga Rumah di Kartasura

Di laman OLX, tercatat ada 1.877 unit rumah di Kartasura yang ditawarkan. Solopos.com melakukan filter wilayah (Kartasura) dan filter properti yaitu rumah dijual. Tercatat harga rumah di perumahan baru kawasan Kartasura yang paling murah ada di kisaran Rp250 jutaan. Rumah ini memiliki tipe 36/72 dan berlokasi di Gumpang, Kartasura.

Sedangkan harga yang cukup banyak muncul adalah rumah di kisaran Rp300 juta hingga Rp500 juta. Perumahan di kawasan Kartasura banyak menawarkan rumah tipe 36/72 dan 45/90 untuk kisaran harga tersebut.

Baca juga: Lokasi Terfavorit Perumahan di Sukoharjo Ternyata Ada di Sini

Harga rumah termahal di Kartasura yang ada di OLX adalah Rp22 miliar. Rumah ini memiliki luas bangunan 400 meter persegi dengan luas tanah 2.185 meter persegi. Pemasang iklan di OLX menyebut rumah ini adalah joglo antik disertai limasan dan furniture antik. Rumah ini disebut memiliki empat kamar dan emat kamar mandi.

Sedangkan di laman rumah.com, harga rumah termurah adalah R210 juta yang berada di kawasan Kartasura. Ada pula rumah senilai Rp235 juta yang ditawarkan. Lokasi perumahan ini disebut tidak jauh dari UIN Raden Mas Said Surakarta. Rumah ini memiliki tipe 36/63.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Sedangkan harga rumah termahal yang ditawarkan di situs ini adalah Rp12,75 miliar. Rumah ini disebut berada di Singopuran, Kartasura. Rumah ini memiliki luas bangunan 700 meter persegi dengan luas tanah 1.399 meter persegi. Rumah ini memiliki sembilan kamar tidur dan tujuh kamar mandi.

Baca juga: Ikuut! Vaksinasi Lansia di Polres Sukoharjo Berhadiah Sepeda Motor

Perumahan di Sukoharjo

Kepala Bidang (Kabid) DPKP Sukoharjo, Taufik Aditama, ketika ditemui Solopos.com, Kamis (24/3/2022) di kantornya di Menara Wijaya Lantai VI, Jl. Jend. Sudirman Sukoharjo, mengatakan sejak 2019 hingga 2021 jumlah perumahan baru di Kartasura mencapai 1.294 unit.

“Setelah Kartasura ada Kecamatan Sukoharjo, dan saat ini masih masuk perizinan dari beberapa pengembang dari berbagai daerah di Sukoharjo, rata-rata setiap bulan 5-6 pengembang mengajukan perijinan perumahan dengan jumlah 14-100 unit rumah,” jelasnya.

Baca juga: Korban Terpental, Ini Kronologi Laka Maut di Perbatasan Sukoharjo-Solo

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Dia menambahkan posisi ketiga berada di wilayah Mojolaban dengan jumlah 923 unit, disusul Baki sejumlah 850, Gatak dengan 497 unit, Grogol 405 unit, Nguter 331, Bendosari 159 unit, Polokarto 91 unit dan terakhir Bulu dengan 21 unit.

Taufik mengatakan faktor wilayah sangat memengaruhi pemilihan lokasi perumahan. Menurut dia, Kartasura menjadi pilihan karena letaknya strategis dan dekat dengan kawasan kota.

“Karena [posisinya] perbatasan Solo, Boyolali, Karanganyar mungkin ya. Kalau karena harga tanah di Kartasura sepertinya tidak,” terangnya.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode