Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jadi Laboratorium Klinik Terbesar, Ini Fokus Prodia di Layanan Digital

Prodia Mobile menjadi salah satu pelayanan digital yang paling diminati banyak pelanggan.
SHARE
Jadi Laboratorium Klinik Terbesar, Ini Fokus Prodia di Layanan Digital
SOLOPOS.COM - Layanan Prodia Mobile

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, JAKARTA — Era digital saat ini dinilai semakin memudahkan setiap orang dalam memperoleh pelayanan prima. Hal itu tak terkecuali di bidang layanan kesehatan.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kecanggihan teknologi telah dimanfaatkan para pelanggan guna mengakses pelayanan kesehatan. Munculnya pandemi Covid-19 dinilai semakin mempercepat para pelanggan untuk beradaptasi secara digital.

Laboratorium Klinik Prodia yang menjadi jaringan laboratorium klinik terlengkap dan terbesar di Indonesia telah berkomitmen selalu memberikan pelayanan prima ke para pelanggan.

Di antara pelayanan yang dinilai sudah sangat familier di tengah pelanggan, yakni Prodia Mobile. Pelayanan kesehatan melalui Prodia Mobile ini merupakan aplikasi yang memungkinkan masyarakat mendaftar, memilih jenis pemeriksaan atau memeriksa, menentukan tanggal dan lokasi, dan melakukan pembayaran online kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga: Prodia Mobile Beri Kemudahan Layanan Kesehatan Dalam Genggaman

Prodia Mobile menjadi salah satu pelayanan digital yang paling diminati banyak pelanggan. Layanan Prodia Mobile dapat diakses melalui ponsel dengan mengunduh aplikasi Prodia Mobile.

Aplikasi tersebut dilengkapi berbagai fitur, seperti pesan online, konsultasi dokter, harga pemeriksaan, dan juga infomasi lokasi Prodia.

Guna memperoleh pelayanan Prodia Mobile, setiap pelanggan harus menempuh beberapa alur. Berturut-turut alur yang harus dilewati, yakni download Prodia Mobile, register akun, login, pilih tes/panel pada menu “cari & pesan”, pilih lokasi pemeriksaan, pilih waktu pemeriksaan, masukan rujukan dokter/chat dengan dokter, proses pembayaran dengan beragam metode pembayaran, kode booking akan muncul setelah pembayaran sukses, akses hasil pada menu “hasil pemeriksaan” di Prodia Mobile.

Seorang pelanggan Laboratorium Klinik Prodia Semarang, Cindy Maharani, 25, mengaku sangat terbantu dengan aplikasi Prodia Mobile. Perempuan asal Semarang ini telah lama mempercayai Laboraturium Klinik Prodia. Sebagai generasi muda, pelayanan Prodia Mobile dinilai sangat efisien.

Baca Juga: Buka-Bukaan Cindy Maharani Jadi Pelanggan Setia Prodia

“Orang tua kalau medical check up pasti ke Prodia. Saya selaku anak ngikutin juga. Di Prodia ini sudah ada Prodia Mobile yang sudah bisa di-download di Playstore. Kebetulan, waktu saya lumayan sibuk. Dengan Prodia Mobile ini enggak perlu antre. Tinggal klik saja. Bagi saya, ini enggak ribet, mudah, dan efisien,” kata Cindy Maharani, saat ditemui tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, di Laboratorium Klinik Prodia Semarang di Jl. M. T. Haryono No.882 Kota Semarang, Minggu (5/12/2021).

Cindy mengatakan pelayanan Prodia Mobile menjadikan seorang pelanggan tak perlu berlama-lama antre yang berpotensi menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, pelayanan digital tersebut dinilai juga dapat sekaligus mendukung pemerintah, utamanya kebijakan disiplin menati protokol kesehatan (prokes).

“Di akhir tahun, saya juga ada recana medical check up. Lantaran masih di tengah pandemi Covid-19, saya harus mengurangi mobilitas juga. Cukup menggunakan Prodia Mobile. Tinggal klik, langsung reservasi. Tak perlu antre. Hasil pemeriksaan langsung bisa dilihat di handphone (HP). No worries-lah. Pelayanan di Prodia juga ramah,” kata Cindy Maharani.

Baca Juga: Kisah Prodia Layani 100.000 Panggilan per Bulan lewat Tania dan Contact Center

Branch Manager (BM) Laboratorium Klinik Prodia Semarang, Chyntia Resti Wijaya, mengatakan beragam cara telah dilakukan guna mengenalkan berbagai layanan digital ke pelanggan. Di antaranya, sarana promosi flyer atau brosur, banner atau spanduk yang dipasang di berbagai lokasi strategis di area cabang.

Layanan Prodia di Jakarta.
Layanan Prodia di Jakarta.

Di samping itu, Laboratorium Klinik Prodia Semarang juga aktif mengarahkan pelanggannya agar dapat mengakses hasil pemeriksaan secara online. Penyebarluasan informasi layanan digital dilakukan melalui pemberitaan di media massa, seperti surat kabar, majalah, radio, media online, media sosial, dan website milik Prodia.

“Kami juga mengharapkan kekuatan mouth of mouth, baik dari pelanggan atau pun karyawan untuk menginformasikan sekaligus merekomendasikan pelayanan digital. Selama ini, antusias pelanggan terhadap layanan digital cukup baik. Aplikasi Prodia Mobile menjadi paling banyak diminati para pelanggan,” kata dia.

Chyntia mengakui munculnya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung di Tanah Air sejak dua tahun terakhir telah berimbas ke akselerasi transformasi digital di berbagai sektor.

Lantaran khawatir dan cemas saat keluar rumah di tengah pandemi Covid-19, pelanggan Prodia banyak beralih ke layanan digital, seperti telekonsultasi melalui video call, pemesanan online, memilih layanan home service, pengambilan sampel di mobil, mengakses secara online.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

“Semua dilakukan sebisa mungkin meminimalkan kontak dengan orang lain. Jadi, pandemi Covid-19 sangat berdampak dalam meningkatkan traffic penggunaan layanan digital. Kami ingin, seluruh segmen pelanggan dapat merasakan manfaat layanan digital dari Prodia,” katanya.

Akselerasi Transformasi Digital

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group memperoleh dukungan penuh dari beberapa sponsor, yakni BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 berlangsung selama enam hari, Sabtu-Kamis (4-9/12/2021).

Direktur Transformasi Layanan Digital & Teknologi Informasi Prodia, Andri Hidayat, mengatakan Laboratorium Klinik Prodia terus berkomitmen meningkatkan stabilitas pelayanan digital di waktu mendatang.

Baca Juga: Junjung Tinggi Kesetaraan Gender, Prodia Raih Predikat Gold pada SDGs Awards 2021

Selain Prodia Mobile, inovasi di era digital yang dilakukan Prodia, seperti Tanya Prodia (Tania), contact center, Teleradiologi, Prodia Link, website, dan konsultasi Prodia via chating.

“Perkembangan digital kami semakin intensif di tahun 2020/2021 ini [inovasi secara digital di Prodia telah dimulai sejak tahun 2011/2012],” kata Andri Hidayat.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode