SOLOPOS.COM - Salah satu fasilitas bagi penyandang disabilitas di kampus FEB UNS. (Solopos.com/Aqilah Zulfa)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menerima anugerah kehormatan Inclusive Education Award dalam bidang pendidikan dan menjadi salah satu kampus ramah disabilitas di Indonesia.

UNS Solo menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penghargaan itu diserahkan kepada Rektor UNS pada tahun 2012. UNS Solo mengusung konsep kampus inklusif sebagai perwujudan kampus ramah dan nondiskriminatif bagi penyandang disabilitas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sarana dan prasarana yang memadai merupakan prasyarat dalam mewujudkan kampus inklusif. Fasilitas kampus tersebut mulai dari bangunan fisik hingga fasilitas yang memungkinkan penyandang disabilitas dapat beraktivitas dengan nyaman.

Guru Besar Manajemen Pendidikan Inklusif FKIP UNS Solo, Munawir Yusuf, menyampaikan bahwa kampus UNS ramah bagi penyandang disabilitas. “Kampus yang ramah bagi penyandang difabel ini ditandai dengan kebijakan pimpinan universitas dan fakultas yang memberikan ruang memadai bagi mahasiswa difabel, ” ujar Munawir seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi uns.ac.id pada Selasa (24/1/2022).

Munawir juga menjelaskan bahwa UNS Solo menyediakan fasilitas fisik, meskipun belum sempurna. Dia mencontohkan beberapa bangunan gedung di UNS sudah menerapkan lerengan (ramp) untuk pemakai kursi roda, toilet khusus, jalur pemandu (guiding block) bagi tunanetra, dan lift di beberapa gedung bertingkat dilengkapi penanda tulisan braille. Berikutnya, tempat parkir khusus bagi kendaraan penyandang disabilitas telah dilengkapi hampir di setiap fakultas.

Salah satu dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS Solo, Rina Herlina Haryanti, menuturkan fasilitas bagi penyandang disabilitas di lingkungan kampus sudah cukup memadai.

“Fasilitas yang tersedia bagi penyandang disabilitas sudah cukup baik bila dibandingkan dengan kampus-kampus yang lain. Saya tidak pernah didiskriminasi sama sekali. Malah, diberikan segudang fasilitas serta akses khusus sebagai penyandang disabilitas,” tutur Rina saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (26/9/2022).

Nah, berikut ini beberapa fasilitas bagi penyandang disabilitas di UNS Solo :

1. Lift dengan fitur suara dan huruf braille

Salah satu lift di UNS, tepatnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS Solo sudah menggunakan fitur suara dan huruf braille pada tombol. Hal tersebut diharapkan dapat memudahkan penyandang disabilitas yang akan menggunakan lift.

2. Doorlop atau penghubung antargedung

Gedung di beberapa fakultas di UNS Solo sudah menggunakan doorlop. Fasilitas ini berfungsi untuk menghubungkan gedung satu ke gedung lain sehingga memudahkan akses bagi seluruh warga kampus, khususnya penyandang disabilitas yang memakai kursi roda.

3. Jalur ramp

berita uns
Salah satu ramp yang ada di Sekolah Vokasi UNS. (Solopos.com/Aqilah Zulfa)

Ramp merupakan jalur yang miring atau landai. Jalur ini dipergunakan untuk mempermudah mobilitas, khususnya bagi pengguna kursi roda yang akan memasuki atau meninggalkan gedung. Bangunan di area UNS Solo sudah banyak menggunakan ramp.

4. Drop off parking

berita uns
Tanda parkir khusus untuk tamu yang membawa kursi roda. (Solopos.com/Aqilah Zulfa)

Tanda tersebut menunjukkan area parkir khusus bagi kendaraan yang membawa kursi roda agar lebih mudah untuk menurunkan penumpang.

5. Toilet khusus disabilitas

berita uns
Salah satu toilet khusus penyandang disabilitas yang ada di UNS. (Solopos.com/Aqilah Zulfa)

Beberapa gedung atau fakultas yang ada di UNS Solo sudah dilengkapi dengan toilet khusus bagi penyandang disabilitas. Toilet khusus bagi penyandang disabilitas ini berbeda dengan toilet biasa. Toilet khusus biasanya memiliki ukuran lebih luas untuk mempertimbangkan ruang gerak. Selain itu terdapat pegangan di tembok.

6. Guiding block

Guiding block ini menjadi jalur khusus untuk memandu penyandang tunanetra dalam memberi arah di jalan yang dilalui. Fasilitas tersebut berguna untuk melancarkan aktivitas dan memberikan rasa aman bagi penyandang disabilitas yang sedang beraktivitas.

Sejumlah fasilitas di atas merupakan contoh sarana pendukung bagi penyandang disabilitas di kampus UNS Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya