SOLOPOS.COM - Konsumen membeli ayam goreng di blok ayam goreng Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Minggu (24/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Para pedagang di Pasar Gede Solo telah melakukan sejumlah persiapan dengan mulai menambah stok barang sampai penertiban pasar tumpah jelang Lebaran 2022. Puncak kunjungan wisatawan atau pengunjung dari luar kota ke pasar bersejarah itu biasanya terjadi H+2 Lebaran.

Pemilik Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede, Ruth Tulus Subekti alias Utik, 53, mengaku mulai menambah stok baku, antara lain tepung beras, kelapa, dan ketan hitam. “Persiapannya beli bahan-bahan karena banyak pedagang yang tutup saat Lebaran. Bahan bakunya tidak hanya dari Pasar Gede,” katanya saat ditemui Solopos.com, Minggu (24/4/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan sudah ada pengunjung dari luar kota yang datang pada akhir pekan lalu. Mereka merupakan warga yang mudik lebih awal dan ingin berburu kuliner di Pasar Gede.

Baca Juga: Suegerr! Minum Es Ngudari Ruwet di Pasar Gede Solo, Yuk Icip

Dawet Telasih Bu Dermi buka pukul 08.00 WIB sampai habis namun sebaiknya pengunjung datang lebih pagi supaya tidak kehabisan. Terpisah, pedagang ayam goreng di blok ayam goreng Pasar Gede, Solo, Ali, 51, mengaku sebenarnya juga ingin mempersiapkan stok ayam serta keripik ceker, belut, dan paru menjelang Lebaran.

Namun kondisinya tidak memungkinkan karena stok di pasaran terbatas. Kondisi usaha berangsur pulih menjelang Lebaran. “Konsumen luar kota seperti Semarang, Jogja, Surabaya setiap hari ada. Paling ramai dari luar kota H+2 Lebaran sampai liburan habis,” paparnya.

Ali melanjutkan usaha ayam goreng dari usaha neneknya. Ia memasak ayam mulai pukul 07.30 WIB dan berjualan sampai sore. Para pengunjung yang ingin membeli banyak pilihan ayam bisa datang pagi.

Baca Juga: Murah! Segini Harga Teh Oplosan, Oleh-Oleh Favorit di Pasar Gede Solo

Mengurangi Hari Libur

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede Solo, Jumadi, menjelaskan para anggota paguyuban mengurangi hari libur untuk memberikan layanan kepada pengunjung saat Lebaran pertama dengan pelonggaran dalam masa pandemi Covid-19.

Pedagang menambah stok barang khususnya oleh-oleh dan akan melakukan penertiban pasar tumpah di sekitar Pasar Gede. “Paguyuban bersama Dinas Perdagangan Kota Solo akan melakukan sidak pasar tumpah di sekitar pasar besok pagi [Senin],” paparnya.

Baca Juga: Makan Dimsum Sambil Lihat Kota, di Lantai II Pasar Gede Solo Tempatnya

Penertiban itu, lanjut Jumadi, supaya arus lalu lintas sekitar pasar lancar. Becak yang biasa mangkal di dekat halte juga akan diberi pengertian untuk pindah tempat ke depan pasar supaya lebih strategis melayani pengunjung

Menurut Jumadi, ada peningkatan omzet pedagang selama Ramadan 2022 atau jelang Lebaran 2022, antara lain pedagang buah, kebutuhan pokok, dan peningkatan omzet kuliner di Pasar Gede. Pengunjung luar kota yang sudah mulai datang kebanyakan warga Soloraya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya