SOLOPOS.COM - Petugas berjaga di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Jumat (10/1/2020). (Istimewa-Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Memegang predikat gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Lawu memang menyimpan banyak pesona. Gunung ini memiliki lima jalur pendakian dengan jalur via Cemoro Sewu, Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur menjadi yang terpendek.

Sementara jalur nomal jalur pendakian Gunung Lawu adalah via Cemoro Kandang, Tambak, Singolangu, & Tahura (Candi Sukuh). Jalur terberat yakni via Candi Cetho dengan jarak sekitar 9,75 km

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jarak dari basecamp hingga puncak Gunung Lawu via Cemoro Sewu sekitar 7 kilometer. Lokasi basecamp Cemoro Sewu berada di Jl. Raya Sarangan, Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan. Dalam kondisi normal, waktu tempuh pendakian ke puncak Lawu via Cemoro Sewu sekitar 2-3 hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Mengutip artikel di napaktilas.net, Senin (19/9/2022), selain yang terpendek, jalur Cemoro Sewu juga menjadi yang paling populer di kalangan pendaki lantaran treknya yang relatih mudah. Sebagian besar jalurnya terbuat dari batu sehingga relatif aman mendaki di musim apa pun, baik kemarau maupun hujan.

Baca Juga: Kelelahan, Pendaki Asal Solo Meninggal di Pos 3 Gunung Lawu

Di luar itu banyak petunjuk arah dan tidak memiliki banyak percabangan yang meminimalkan pendaki tersesat. Di hari libur, kadang banyak warga setempat yang memanfaatkan ramainya pendaki dengan berjualan makanan di beberapa pos pendakian. Total ada lima pos pendakian di jalur ini. Jadi tak perlu khawatir kekurangan makanan maupun air saat mendaki via Cemoro Sewu.

Perincian Jarak dan Waktu Tempuh

Berikut ini perincian jarak dan waktu tempu dari basecamp hingga ke puncak Lawu via Cemoro Sewu, seperti dikutip dari napaktilas.net:

  • Basecamp – Pos 1  jaraknya 1,9 km. Waktu tempunya sekitar 30 menit. Treknya berupa jalanan batu landai. Masih banyak warung di jalur menuju pos 1.
  • Pos 1 – Pos 2 berjarak sekitar 1,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Jalur pendakian sudah memasuki hutan dan menanjak.
  • Pos 2 – Pos 3 jaraknya 850 m dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.  Jalur pendakian memiliki tingkat kesulitan yang sama dengan pos sebelumnya. Kiri-kanan jalan sudah hutan, tapi jalanan masih berupa bebatuan.
  • Pos 3 – Pos 4 berjarak sekitar 850 m dengan waktu tempuh 1,5 jam. Siapkan fisikn Anda karena trek mulai menanjak hebat. Hutan semakin lebat.
  • Pos 4 – Pos 5 jaraknya relatif pendek hanyak 200 m. Waktu tempuh dari pos 4 ke pos 5 sekitar 30 menit. Vegetasinya mulai berbeda, tak lagi hutan. Tapi, trek masih menanjak.
  • Pos 5 – Sendang Derajat berjarak 550 m. Waktunya tempuh normal sekitar 10 menit saja karena jalur pendakian sudah mulai melandai.
  • Sendang Derajat – Hargo Dalem jaraknya 850 m  dengan waktu tempu 10 menit. Berbeda dengan trek sebelumnya, di sini jalanan ada tanjakan tapi ringan saja. Jalur ini mengarahkan pendaki menuju puncak Hargo Dalem, lokasi dimana warung Mbok Yem yang legendaris itu berada. di lokasi ini juga menjadi tempat pertemuan jalur pendakian via Singolangu dan Candi Cetho
  • Hargo Dalem – puncak Hargo Dumilah berjarak sekitar 300 m. Jalurnya menanjak pol sehingga waktu tempuhnya sekitar 40 menit. 

Demikian informasi mengenai jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya