SOLOPOS.COM - Nasi liwet Bu Sri di pasar Gede Solo. (Solopos/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, SOLO — Salah satu penganan lezat khas Solo, nasi liwet dinobatkan sebagai ikon kuliner dari Kota Bengawan. Pengkuhan tersebut dilakukan oleh Forum Budaya Mataram di halaman Balai Kota Solo pada Minggu (22/6/2022) lalu.

Dalam pengukuhan tersebut, panitia membagikan 1.000 pincuk nasi liwet yang ludes diserbut masyarakat dalam waktu 20 menit saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengukuhan Solo sebagai Kota Nasi Liwet dimaksudkan untuk memberikan penghargaan terhadap keberadaan nasi liwet sebagai kuliner khas Kota Solo. Bahkan, Ketua Umum Forum Budaya Mataram, BRM Kusumo Putro, menyebut nasi liwet menjadi makanan yang tersebar di sudut Kota Bengawan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Nasi Liwet Dikukuhkan Jadi Ikon Kota Solo

Mulai dari pasar tradisional, pusat pertokoan, dan sepanjang jalanan di Solo. Kusumo mengungkapkan bila Yogyakarta punya gudeg sebagai ikon kuliner, Solo punya nasi liwet sebagai ikon kuliner khas Solo.

Bukan hanya itu saja, nasi liwet dipercaya sudah ada sejak Solo berdiri. “Kami berharap ke depan nasi liwet jadi ikon baru walaupun Kota Solo banyak sekali kuliner lain. Tapi nasi liwet sudah sejak Solo ini berdiri dan baru kali ini dikukuhkan sebagai ikon,” tutur Kusumo kepada Solopos.com.

Baca Juga:  Cantiknya Foto Erina Gudono di Instagram, Kaesang Sampai Komentar Hlo!

Menjadi ikon Kota Solo, nasi liwet Solo mempunyai keistimewaan sendiri karena memiliki cita rasa gurih dan lezat. Hal ini dikarenakan nasi yang digunakan adalah nasi gurih yang dimasak dengan santan dan juga kaldu ayam. Sehingga aroma nasi yang tercium sangat khas dan menggugah selera.

Satu porsi nasi liwet disajikan dengan sayur labu siam, ayam yang disuwir, telur ayam rebus serta kumut, yakni santan kelapa kental. Terkadang, ada pula yang menambahkan tim telur dalam satu porsi nasi liwet. Selain itu, yang membuat khas dan istimewa, nasi liwet disajikan dengan dipincuk menggunakan daun pisang.

Baca Juga:  Wah! Solo Ternyata Penghasil Wanita Tercantik di Jawa Tengah

Penjual nasi liwet sangat mudah ditemui di Kota Solo, baik saat pagi atau malam hari. Hampir di setiap sudut kota ini banyak ditemui para penjual nasi liwet. Cara penjual menjajakan nasi liwet pun cukup unik. Hal ini dikarenakan mereka membawa nasi liwet dengan bakul dan makannya dengan lesehan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya