Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Izin Usaha Dicabut OJK, Begini Tuntutan Nasabah WanaArtha Life

Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera menjelaskan ke nasabah mengenai langkah lanjutan usai izin usaha perusahaan asuransi perusahaan resmi dicabut pada Senin (5/12/2022).
SHARE
Izin Usaha Dicabut OJK, Begini Tuntutan Nasabah WanaArtha Life
SOLOPOS.COM - Nasabah WanaArtha Life berunjuk rasa, Senin (21/11/2022). (Istimewa/Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera menjelaskan ke nasabah mengenai langkah lanjutan usai izin usaha perusahaan asuransi perusahaan resmi dicabut pada Senin (5/12/2022).

Christian, perwakilan nasabah Wanaartha Life, mengatakan para pemegang polis akan mendesak OJK untuk melakukan langkah lanjutan guna memastikan nasib klaim pemegang polis. Langkah itu mulai dari verifikasi seluruh tagihan pemegang polis, melakukan penelusuran aset pribadi dan perusahaan, hingga penuntutan lewat jalur hukum baik pidana dan perdata.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

“Jika dari OJK setelah pencabutan izin usaha tidak ada tindak lanjutnya dan apa yang OJK rencanakan hanya wacana maka para pemegang polis akan bergerak mendesak seluruh lembaga dan penegak hukum yang berwenang,” ujar Christian seperti dilansir Bisnis.

Dia menambahkan nasabah mendukung langkah OJK untuk mencabut izin usaha Wanaartha Life. Meski demikian, langkah ini memerlukan tindakan lanjutannya dalam waktu dekat.

Di samping itu, OJK diminta segera menggelar pertemuan dengan korban sehingga dapat mendengar langsung update informasi dan menjelaskan langkah-langkah yang OJK akan lakukan beserta time frame-nya. Seperti diketahui, OJK mengumumkan mencabut izin PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) pada hari ini, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Izin WanaArtha Dicabut OJK, Transaksi Gelap Asuransi Naik 284,8 Persen

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

“Melakukan pencabutan izin usaha per tanggal 5 Desember 2022,” kata Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (KE IKNB OJK) dalam pernyataannya.

Pencabutan izin dilakukan, setelah pemegang saham tidak melakukan upaya penyelamatan guna memastikan perlindungan konsumen. Baik menambah modal ataupun aksi korporasi lainnya. Setelah penetapan pencabutan izin ini, maka pemegang saham pengendali WanaArtha Life diperintahkan untuk melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) pembubaran. Sekaligus menunjuk tim likuidasi.

“Paling lambat dalam 30 hari [sejak izin usaha dicabut],” kata Ogi lebih lanjut. Dia juga menegaskan, OJK akan memastikan untuk dilakukan penelusuran aset, baik dalam kepemilikan Wanaartha Life maupun milik pemagang saham pengendali.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: OJK Optimistis Kredit Perbankan Tetap Tumbuh pada 2023

Langkah perdata juga akan diambil. Dengan melakukan pengejaran kekayaan pengendali yang bertanggung jawab yang membuat Wanaartha berakhir. “[OJK akan mengambil tindakan] kegiatan pedataan untuk perlindungan konsumen,” katanya lebih lanjut.

Secara paralel, proses hukum yang sedang berjalan di kepolisian akan dilanjutkan. “OJK menjunjung proses hukum dan ketentuan yang berlaku.”

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tuntutan Nasabah Wanaartha Life Usai Izin Usaha Dicabut OJK.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode