iWonogiri, Terobosan Digital Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri

Fitur iWonogiri juga memungkinkan pengguna aplikasi untuk mengirim permintaan buku yang diminati.
SHARE
iWonogiri, Terobosan Digital Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri
SOLOPOS.COM - Penjaga layanan Perpustakaan Kabupaten Wonogiri, Sumarsono, mengakses aplikasi iWonogiri, Rabu (19/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRIPerpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri kini memiliki aplikasi perpustakaan digital yang bisa dijangkau masyarakat umum. Aplikasi yang dinamai iWonogiri itu dapat diunduh melalui PlayStore.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan, Maryanto, mengatakan sudah mengadakan aplikasi iWonogiri sejak 2019. Alasannya, wilayah Kabupaten Wonogiri yang luas membuat warga kesulitan membaca buku di perpustakaan daerah yang berada di Jalan Raya Wonogiri, Donoharjo, Kecamatan Wonogiri.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Penggagas atau penyusun idenya memang dari kami. Meski menurut laporan yang saya terima, penggunanya belum begitu banyak,” kata Maryanto saat ditemui di kantornya, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Perpustakaan Wonogiri Punya Program Bagi-Bagi Buku Gratis Lho

Ia menambahkan secara umum sulit meningkatkan minat baca warga meski sudah ada kemudahan melalui aplikasi perpustakaan digital yang bisa diakses secara bebas. Aplikasi iWonogiri sudah disosialisasikan ke masyarakat, terutama sebelum pandemi Covid-19.

“Kami mengadakan program ke wilayah yang kegiatannya dinamakan perpustakaan keliling, sosialisasi minat baca, sekaligus sosialisasi iWonogiri,” imbuh Maryanto.

Salah satu pustakawan di Perpustakaan Kabupaten Wonogiri, Wartiningsih, mengatakan iWonogiri awalnya merupakan aplikasi pinjaman dari pihak ketiga, komunitas dari Yogyakarta.

Baca Juga: PERPUSTAKAAN WONOGIRI: Wonogiri Kekurangan Ribuan Pustakawan

“Kami sudah sosialisasikan ke 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri, perwakilan desa kami ikutkan di situ. Tujuan kami hanya ingin menjangkau buku-buku ke pelosok wilayah,” ujar Wartiningsih.

Data yang diterima Solopos.com, iWonogiri memiliki 281 buku yang bisa dibaca secara umum, tidak hanya warga yang berdomisili di Kabupaten Wonogiri. Selama ada aplikasi perpustakaan digital tersebut, Perpustakaan Kabupaten Wonogiri mengklaim hingga kini memiliki 5.473 pengunjung iWonogiri.

Sebagai informasi tambahan, kategori buku yang disediakan pada aplikasi iWonogiri sejumlah 26 kategori. Selain itu, tersedia jurnal dan majalah digital, yang semuanya bisa diakses secara gratis.

Baca Juga: Ratusan Sekolah di Wonogiri Belum Miliki PERPUSTAKAAN

Fitur iWonogiri juga memungkinkan pengguna aplikasi untuk mengirim permintaan buku yang diminati. Jadi, selain bisa membaca buku di mana saja dan kapan pun, masyarakat juga dapat berkomunikasi aktif dengan pengelola Perpustakaan Kabupaten Wonogiri dari jauh.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago