SOLOPOS.COM - Gedung Rektorat ITS Surabaya.

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 12.120 orang mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022. Dari belasan ribu pendaftar, pihak kampus hanya menerima 1.189 calon maba lewat jalur tersebut.

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS, Unggul Wasiwitono, mengatakan ITS menyediakan kuota 1.189 kursi melalui jalur SNMPTN. Total pendaftar yang memperebutkan kuota di ITS mencapai 12.120 orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Angka penerimaan ini merupakan 20% dari total kuota mahasiswa baru ITS tahun 2022,” kata dia yang dilansir dari Antara, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Unair Surabaya Terima 1.425 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN

Ekspedisi Mudik 2024

Unggul menyampaikan jumlah pendaftar SNMPTN ITS tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 12% dari tahun sebelumnya. Meskipun kuota yang disediakan tidak berubah dari tahun lalu.

Calon mahasiswa baru yang diterima di ITS terdiri dari mahasiswa pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) sebanyak 28,34% dan calon mahasiswa baru reguler sebanyak 71,66%.

Dosen Departemen Teknik Mesin itu menjelaskan sebaran peminat SNMPTN di ITS masih didominasi oleh murid SMA dari Provinsi Jawa Timur, sebanyak 839 pendaftar.

Departemen Teknik Informatika masih menduduki peringkat pertama peminat terbanyak di ITS, yakni sebesar 1.482 peminat. Angka tersebut disusul Departemen Sistem Informasi sebanyak 825 peminat dan Teknik Sistem dan Industri sebanyak 641 peminat.

Baca Juga: 3.445 Mahasiswa Baru Diterima Universitas Brawijaya Lewat SNMPTN

Departemen Teknik Mesin, kata Unggul, tidak mengganti kebijakan dari tahun sebelumnya, yaitu memprioritaskan pendaftar perempuan pada jalur SNMPTN. Namun, yang berbeda pada tahun ini adalah ITS memberikan kuota SNMPTN melalui sistem golden ticket.

“Departemen Desain Produk Industri (Despro) sudah memberikan golden ticket bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang seni dan desain,” jelas dia.

Unggul menuturkan penilaian SNMPTS ITS tahun ini juga didasari oleh jumlah siswa pad asatu sekolah yang mendaftar ke ITS.

Baca Juga: UGM Terima 2.690 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN 2022, Termasuk Kamu?

“Semakin banyak yang mendaftar dari sekolah tersebut, indeks sekolahnya akan naik dan kuota untuk sekolah tersebut juga akan naik,” ujarnya.

Namun, Unggul berpesan calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN 2022 dapat bertanggung jawab dan melakukan daftar ulang.

Hal ini karena LTMPT menerapkan kebijakan baru berupa larangan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang di penerimaan SNMPTN.

Oleh karena itu, dia menegaskan kepada calon mahasiswa ITS yang lolos melalui jalur SNMPTN harap segera memperhatikan timeline pengumuman daftar ulang di laman its.ac.id/admission.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya