SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Badan Pembina Harian (BPH) ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan selaku Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surakarta, Djoko Riyanto (tengah) didampingi Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti (keempat dari kanan) dan jajaran pimpinan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta memotong pita dalam peresmian gedung baru ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Rabu (13/4/2022). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO– ITS PKU Muhammadiyah Surakarta meresmikan dua gedung barunya, Rabu (13/4/2022). Pemanfaatan gedung baru tersebut masing-masing untuk rektorat dan laboratorium.

Baca Juga: Sejarah 29 Tahun ITS PKU Muhammadiyah Solo, Ini 4 Prodi Unggulannya

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan penyaluran santunan kepada anak panti asuhan.

Gedung yang diresmikan masih berada di area kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, di Kadipiro, Banjarsari, Solo. Masing-masing adalah Gedung A yang selanjutnya akan dimanfaatkan sebagai gedung Rektorat ITS PKU Muhammadiyah Surakarta serta laboratorium komputer dan Gedung F yang akan difungsikan sebagai pengembangan ITSMart dan laboratorium teknik elektromedik.

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, menyampaikan penambahan gedung tersebut merupakan salah satu bentuk pengembangan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Baca Juga: SV UNS Studi Banding Pengembangan Institusi ke ITS PKU Muhammadiyah

“Sekitar 20 tahun yang lalu kami masih berbentuk akademi perawatan dan hanya memiliki satu gedung yang sederhana, di tempat yang kami gunakan untuk penyelenggaraan acara sore ini. Tapi Alhamdulillah atas kemurahan Allah, setahap demi setahap kami dapat mengembangkan diri hingga saat ini kami sudah menjadi institut dengan dengan memiliki enam gedung yang megah. Belum lama ini kami juga mendapat Anugrah SBBI 2022 kategori Best Brand sebagai Kampus Kesehatan Terbaik,” kata dia, Rabu.

Dia mengatakan pada Rabu sore, diresmikan gedung rektorat dan gedung bisnis centre yang diharapkan akan semakin mengokohkan eksistensi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai institusi yang besar.

“Tentu gedung ini bukanlah gedung terkahir yang dimiliki ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Sebab kami masih punya mimpi untuk memiliki gedung kampus yang fenomenal dan prestisius yang dibangun di pinggir jalan raya,” lanjut dia.

Baca Juga: SBBI 2022: Jelang Milad, ITS PKU Muhammadiyah Solo Raih Penghargaan

Bersamaan di bulan Ramadan ini, pihaknya mengajak para tamu undangan yang hadir untuk turut mendoakan agar mimpi tersebut terwujud. Acara peresmian gedung baru tersebut dihadiri oleh jajaran PDM dan BPH , Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah, seluruh civitas, serta mahasiswa reguler dan alih jenjang. Selain itu hadir pula anak-anak panti asuhan.

Selain peresmian gedung, sore itu juga dilaksanakan pemberian santunan untuk anak-anak panti asuhan. “Kami sangat mengapresiasi support donatur dari seluruh civitas, baik dosen, tenaga pendidik, maupun mahasiswa. Secara khusus kami sampaikan apresiasi kepada mahasiswa alih jenjang kelas Anestesi, Ners, gizi dan Elektromedis dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah menyalurkan donasinya melalui Lazizmu. Semoga semua kebaikan mendapat balasan dan ganti dari Allah,” lanjut dia.

Baca Juga: Manajemen Sampah Isoman, Bentuk PKM Dosen ITS PKU Muhammadiyah

Disebutkan, Lazismu ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menyerahkan bantuan kepada anak yatim Panti Aisyiyah Kadipiro dan anak yatim non panti di wilayah Kadipiro melalui Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Solo Utara.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, kepada anak yatim dengan disaksikan oleh ketua BPH ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta, Ketua PCA Solo Utara, dan Ketua PCM Solo Utara.

“Donasi ini kami serahkan dengan total sekitar Rp30.000.000 yang akan kami serahkan secara bertahap di beberapa pondok anak yatim milik Muhammadiyah di Kota Solo dan sekitarnya. Tahap pertama hari ini kami serahkan kepada 59 anak yatim Panti Aisyiyah Surakarta dan non Panti di sekitar wilayah Solo Utara,” kata Weni.

Baca Juga: Start dari ITS PKU Solo, IPAI Jateng Gelar Tour Jawa-Sumatra

Donasi ini didapatkan dari infak yang berjalan di ITS PKU Muhammadiyah dari mahasiswa, karyawan dan dosen. Pengumpulan infak dari civitas yang kemudian disalurkan melalui Lazismu. “Ini adalah program rutin dari Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta setiap tahunnya yang saat ini di salurkan melalui Lazismu KL ITS PKU Muhammadiyah Surakarta,” kata dia.

Ketua panitia kegiatan dan Ketua Layanan Lazizmu ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Suyanto, menyampaikan penyaluran donasi merupakan kegiatan rutin. “Tahun sebelumnya, karena kondisi pandemi, penyalurannya kami mendatangi. Tapi sekarang sudah ada kelonggaran, kemudian anak-anak panti kami undang ke kampus. Kami juga berharap dengan datang ke kampus ini kemudian akan memberikan motivasi kepada anak-anak panti untuk menempuh pendidikan lebih tinggi lagi, motivasi untuk kuliah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya