top ear
Serah terima dan alat uji fungsi pH meter dari PT Sumber Instrumindo Bandung di terimakan di Kampus ITNY, Jogja. (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Serah terima dan alat uji fungsi pH meter dari PT Sumber Instrumindo Bandung di terimakan di Kampus ITNY, Jogja. (Istimewa)

ITNY Terima Hibah pH meter dan Furnace, Sangat Bermanfaat!

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menerima bantuan stimulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Diterbitkan Sabtu, 24/10/2020 - 18:15 WIB
oleh Solopos.com/BC
2 menit baca

Solopos.com, JOGJA -- Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menerima bantuan stimulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi pada program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PPPTS). Bantuan dari Kemendikbud untuk ITNY berupa peralatan pH meter dan Furnace.

Serah terima dan alat uji fungsi pH meter dari PT Sumber Instrumindo Bandung di terimakan di Kampus ITNY, Jogja. Penyerahan dilakukan dengan sangat memperhatikan protokol Kesehatan, pada Jumat (23/10/2020).

Menurut Kepala program studi Teknik Pertambangan, Bayurohman Pangacella, ST., MT., alat-alat tersebut akan dialokasikan pada Laboratorium Eksplorasi program studi (prodi) Teknik Pertambangan ITNY.

Prodi Teknik Mesin ITNY Jajaki Kerja Sama dengan CV Karya Hidup Sentosa

Untuk diketahui pH meter, dilansir dari pengelasan.net, adalah alat pengukur pH meter. Arti dari Ph sendiri yaitu tingkat/derajat kebasahan/keasaman dari suatu benda padat, semi padat, cair hingga tingkat keasaman di suatu tempat.

“Kegiatan pertambangan dapat menghasilkan air asam tambang yang berbahaya untuk kesehatan sehingga harus dilihat tingkat keasamannya. Sehingga peralatan pH meter sangat berguna untuk pengukuran tingkat keasamannya,” jelas Bayurohman.

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Objek Wisata di Tawangmangu & Ngargoyoso Dipantau Ketat Saat Libur Panjang

Tahap Pertama

Selain PH meter, bantuan lainnya dari Kemendikbud adalah Furnace. Lantas apa itu Furnace. Dikutip dari pthilab.id, Furnace atau juga sering disebut dengan tungku pembakaranadalah sebuah perangkat yang digunakan untuk pemanasan. Nama itu berasal dari bahasa latin Fornax, oven. Kadang-kadang orang juga menyebutnya dengan kiln.

Furnace sendiri sering di analogikan dengan furnace sebagai keperluan industri yang digunakan untuk banyak hal, seperti pembuatan keramik, ekstraksi logam dari bijih (smelting) atau di kilang minyak dan pabrik kimia lainnya, misalnya sebagai sumber panas untuk kolom distilasi fraksional.

Sehingga dengan adanya bantuan Furnace yang berkapasitas tinggi, menurut Bayurohman, sangat dibutuhkan untuk memanaskan untuk mengatur kadar air sampel uji batuan.

Bangun Jiwa Technopreneur, ITNY Ikuti Pertukaran Mahasiswa Nusantara

“Dengan adanya bantuan dari Kemendikbud berupa pH meter dan Furnace, mulai saat ini mahasiswa ITNY bisa meneliti tingkat keasaman air asam tambang dan memanaskan sampel uji batuan di kampus sendiri", kata Bayurohman.

Untuk diketahui, serah terima bantuan berupa pH meter dan Furnace dari Kemendikbud ini merupakan tahap pertama. Tahap selanjutnya akan diserahkan bantuan berupa Deskstop PC, PC for desain, serta Printer Inkjet. Jika dirupiahkan, Total bantuan dari PPPTS untuk ITNY sekitar Rp777 juta.

 


Editor : Profile Arif Fajar Setiadi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini