SOLOPOS.COM - Kegiatan Mining Expo di Kampus ITNY, Senin (21/3/2022)

Solopos.com, YOGYAKARTA–Rangkauan agenda Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Tambang (HMTA) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar kegiatan Mining Expo: Mining Method & Technology for the Future di Student CenterLantai 3, Kampus ITNY, Babarsari Sleman, Senin (21/3/2022).

Mining Expo menghadirkan sejumlah perusahaan pertambangan di Indonesia, di antaranya PT Freeport Indonesia, PT Pakubumi Inti Mineral, UVEX Safety Singapore PTE LTD, PT Redpath Indonesia, dan PT Orica Mining Services Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: ITNY Jadi Tuan Rumah Gowes Aptisi dan LLDikti Wilayah V Yogyakarta

“Kegiatan ini memang agenda rutin tahunan, meski sudah berganti kepengurusan,” ujar penanggung jawab Mining Expo HTMA 2022, Raihan Raysid Darus, Senin (21/3/2022).

Dia menambahkan Mining Expo ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan lebih kepada mahasiswa yang akan terjun menjadi penambang-penambang andal di industri.

“Perwakilan perusahaan memberikan gambaran tentang metode, teknologi, dan alat pertambangan yang digunakan di perusahaan,” imbuh dia.

Dengan mining expo, imbuh dia, mahasiswa juga bisa melihat perbedaan antara kuliah di kampus dan industri.

Baca Juga: PT Freeport Siap Tingkatkan Kerja Sama dengan ITNY di Berbagai Bidang

Sementara, Ketua HTMA ITNY 2022, Anwar Muwajjaha, mengatakan dirinya ingin memberikan saran kepada mahasiswa baru yang akan duduk di kursi himpunan bisa menggandeng lebih banyak perusahaan saat pameran.

“Banyak sektor yang belum digali mahasiswa, seperti UVEX. Perusahaan ini menjual alat-alat keselamatan para pekerja,” jelas dia.

Sementara, alumni ITNY yang ada di PT Freeport Indonesia, Demianus, mengatakan sudah ada 50 alumni ITNY yang menjadi bagian di Freeport Indonesia. Sebagian besar bekerja di bidang operasi tambang bawah tanah.

Baca Juga: Keren, Mahasiswa ITNY Raih Juara 2 dalam Hipmi Cup 1 Yogyakarta

“Siapkan sumber daya manusia yang berkaitan dengan kecerdasan buatan karena saat ini PT Freeport mulai memasukkan kecerdasaran buatan di dalam prosedur pertambangan,” papar dia.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas mengatakan hal sama. Dalam video yang ditujukan untuk kampus ITNY, Tony meminta setiap mahasiswa mempelajari teknologi pertambangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya