SOLOPOS.COM - ITNY serahkan mesin untuk suwir daging kepada UMKM di Bantul. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ITNY menyerahkan mesin untuk suwir daging kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Ganing di Dusun Kranggan, Desa Murtigadingm Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul, Minggu (7/8/2022). UMKM Ganing bergerak di bidang pembuatan abon ayam dan kacang telur.

Dalam rangka PKM tahun 2022, Mahasiswa Fakultas Teknik Industri (FTI) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) yang dibimbing oleh dosen Rivan Muhfidin, S.T., M.Sc. berhasil meraih pendanaaan Dikti pada PKM-Penerapan IPTEK (PKM-PI). Tim beranggotakan mahasiswa Prodi Teknik Mesin angkatan 2019 dan 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan para mahasiswa ITNY yang terlibat dalam penelitian yang menghasilkan karya mesin suwir daging tersebut yaitu Shodiq Ansori selaku Ketua Tim, dan Fatur Rizki Anggun Juniar, Dominggus Daniel Lefmanut, Ain Khoeruzaman, Muksim.

Baca Juga: Perkuat Kemitraan, ITNY Sepakati Kerja Sama Dengan Unwiku Purwokerto

“Kami mengambil judul Implementasi Mesin Penyuir Daging untuk Bahan Baku Abon Guna Meningkatkan Efisiensi Kerja UMKM Ganing,”  jelas Shodiq dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada (9/8/2022).

Ia menambahkan bahwa judul tersebut dipilih berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, UMKM Ganing. Dalam menjalankan pekerjaannya, UMKM Ganing masih menggunakan metode tradisional dalam pengolahannya.

mesin suwir daging ITNY
Penerimaan mahasiswa baru ITNY. (Istimewa)

Cara suwir  daging di UMKM tersebut menggunakan tenaga manusia. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim mempunyai ide untuk merancang sebuah mesin untuk suwir  daging sebagai solusi untuk menjawab permasalahan yang terjadi. Daging itu merupakan bahan baku abon ayam.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa ITNY Raih Juara II Lomba Cipta Puisi Nasional

“Semoga dengan adanya mesin yang telah dibuat oleh Tim  PKM-PI ITNY dapat memberikan solusi yang dihadapi UMKM Ganing selama ini serta bisa meningkatkan produksi abon,”  ujar Rivan.

Ketua UMKM Ganing, Sunarti Ningsih, mengaku senang mendapat perhatian dari para mahasiswa ITNY ini. Turut hadir pula, Dukuh Kranggan, Sukirman dalam serah terima tersebut. Sukirman berharap bahwa dengan hadirnya mahasiswa di tengah-tengah masyarakat bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat pada umumnya, terutama bagi UMKM Ganing yang bisa meningkatkan produksinya.

Baca Juga: Mahasiswa ITNY Sabet Medali di Kejuaraan Silat Retno Dumilah II 2022

“Mesin suwir ini sangat membantu sekali dalam proses pembuatan abon, terutama dalam proses penyuiran. Proses yang awalnya membutuhkan waktu yang lama dengan cara manual, sekarang bisa lebih cepat dan produksi bisa lebih banyak, terima kasih ITNY,” beber Sunarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya