SOLOPOS.COM - Timnas Italia: Leonardo Bonucci, Gianluigi Buffon dan Daniele De Rossi (JIBI/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Piala Dunia 2018 tak akan diikuti oleh Italia.

Solopos.com, MILAN – Tim juara dunia empat kali Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal itu terjadi setelah tim berjuluk Azzurri ini hanya bermain 0-0 pada laga leg kedua play-off Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion San Siro Milan, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Italia gagal lolos karena kalah agregat 0-1 dari Swedia. Itu karena Gianluigi Buffon dkk. menelan kekalahan 0-1 pada leg pertama play-off di Swedia, Sabtu (11/11/2017) WIB.

Kali terakhir Italia gagal lolos ke turnamen sepak bola terakbar di dunia itu yakni pada Piala Dunia 1958 alias sekitar enam dekade silam. Kegagalan ini juga menjadikan akhir karier memilukan kapten Gianlugi Buffon bersama Azzurri. Penjaga gawang berusia 40 tahun itu sejak awal berniat pensiun dari panggung internasional setelah kampanye Piala Dunia 2018.

“Saya tidak sedih karena diri saya,  namun semua untuk sepak bola Italia. Kami gagal untuk meraih sesuatu yang sangat berarti di level sosial. Ada penyesalan mengakhirinya dengan cara seperti ini,” ujar Buffon, seperti dilansir Twitter resmi Federasi Sepak Bola Italia.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya di San Siro, Italia gagal mencetak satu gol pun meski berkali-kali menggencarkan serangan. Di antaranya melalui striker Ciro Immobile dan Stephan El Sharaawy.

Serangan Italia yang menonton dari sayap dengan mudah dibaca barisan pertahanan Swedia. Apalagi, Blagult, julukan Swedia, lebih berkonsentrasi menjaga pertahanan setelah mengantongi kemenangan 1-0 pada leg pertama play-off. Swedia memilih hanya melakukan segelintir serangan balik.

Italia menyusul tim favorit lainnya, Belanda, yang gagal tampil di Piala Dunia 2018. Dalam catatan ESPN, dari 20 kali kualifikasi Piala Dunia, Italia berhasil 18 kali lolos ke turnamen sepak bola antarnegara paling prestisius di muka bumi tersebut. Artinya hanya dua kali Azzurri tidak bisa tampil di Piala Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya