SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi (berjaket merah) menonton film Pengkhianatan G30S/PKI (Setkab.go.id)

SMRC menduga isu kebangkitan PKI dimobilisasi untuk menggerus dukungan terhadap Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebut isu kebangkitan PKI sebagai hasil mobilisasi opini kekuatan politik tertentu. Dalam hal ini, terutama pendukung Prabowo dengan mesin politik PKS dan Gerindra.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Masalah PKI ini adalah masalah bangsa dan masalah kita bersama, maka harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Jazuli melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (1/10/2017), dikutip Solopos.com dari Antara.

Ekspedisi Mudik 2024

Jazuli menekankan isu PKI adalah masalah bersama. Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi pun turut mengeluarkan amanat agar PKI tidak bangkit kembali.

“Pak Presiden nonton film G30S/PKI, terus amanat Pak Presiden jangan sampai PKI bangkit lagi dan tragedi G30S/PKI jangan sampai terulang. Memangnya Pak Jokowi PKS atau Gerindra?” kata Jazuli. Baca juga: SMRC Sebut Isu Kebangkitan PKI untuk Gerus Dukungan ke Jokowi.

SMRC menduga isu kebangkitan PKI diarahkan untuk memperlemah dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi). Dugaan itu berdasarkan hasil survei SMRC tentang persepsi masyarakat terhadap isu tersebut.

“Isu kebangkitan PKI yang ditujukan untuk memperlemah dukungan rakyat pada Jokowi nampaknya bukan pilihan isu stategis yang berpengaruh,” kata Abbas dalam rilis hasil survei yang dipublikasikan di saifulmujani.com, Jumat (29/9/2017).

Hasil survei menyebutkan 86,8 persen responden menyatakan tidak setuju anggapan kebangkitan itu. Hanya sekitar 12,6 persen responden yang setuju. Ketidaksetujuan pada isu kebangkitan PKI terlihat di antara pendukung Prabowo-Hatta maupun pendukung Jokowi-JK.

Namun, hasil survei SMRC ini memperlihatkan irisan pendukung Prabowo yang setuju isu kebangkitan PKI lebih besar dibanding dengan opini pendukung Jokowi. Sebanyak 19 persen pendukung Prabowo mengaku setuju isu kebangkitan PKI. Sementara itu, hanya 10 persen pendukung Jokowi yang percaya. Baca juga: Survei SMRC, Mayoritas Masyarakat Tak Percaya Isu Kebangkitan PKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya