SOLOPOS.COM - Menu rica-rica ayam di warung Rica-Rica Mbok Usrek. Harga rica-rica ayam di sini mulai dari Rp5.000. (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Rica-rica Mbok Usrek, salah satu kuliner legendaris di Boyolali, Jawa Tengah, masih menjadi primadona hingga sekarang. Kira-kira apa ya istimewanya?

Kuliner satu ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan rasanya enak dan harganya murah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini juga diakui oleh Angga, salah satu pelanggan warung makan yang terletak di Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali itu. “Ini terkenal di kalangan mahasiswa. Rasanya enak juga harganya terjangkau. Kos di daerah Kartasura, sering ke sini karena harganya terjangkau. Sekitar 4 kali dalam sebulan lah. Cocok menu di sini, termasuk murah mulai Rp5.000,” kata Angga saat ditemui Solopos.com, Rabu (5/1/2022).

Bukan hanya murah dan enak, keistimewaan Rica-rica Mbok Usrek ini terletak dari cita rasanya yang pedas. Meski harga cabel, menu rica-rica di warung ini harganya tetap sama, yakni Rp5.000.

Baca Juga: Bikin Haru! Ini Alasan Harga Rica-Rica Mbok Usrek Tetap Rp5.000

Inilah yang membuat banyak pembeli yang menjadi pelanggan setia dari warung ini. Seperti yang dirasakan Nugroho, 37. “Saya tetap langganan di sini walau sudah tidak di sini kerjanya. Soalnya di sini juga terkenal pedas ya makanannya dan saya juga pecinta pedas,” jelas Nugroho.

Tak hanya menjual rica-rica ayam yang menjadi menu andalannya, pemilik warung juga menyediakan nasi goreng hingga ayam goreng.

Baca Juga: Kisah Mbah Usrek Boyolali, Jual Rica Murah karena Pernah Hidup Susah

“Selain rica-rica, ada nasi goreng, ayam goreng. Yang best seller [paling laku] rica-rica karena dari dulu. Menu yang lain ini baru banget,” beber pengelola warung Rica-rica Mbok Usrek, April.

Karena istimewa di lidah masyarakat, banyak masyarakat yang penasaran dengan sosok Mbok Usrek yang namanya sudah terkenal di kalangan warga Boyolali dan sekitarnya.

Baca Juga: Ini Dia Pemilik Kali Pepe Land Boyolali, yang Juga Bos Wong Solo Group

Terkait hal tersebut, April menyebut Mbok Usrek masih sehat dan sering membantu memasak. Namun, segala urusan di warung sudah diserahkan kepada anak-anaknya karena Mbok Usrek semakin tua.

“Simbah masih ada. Beliau di dapur. Ya sudah enggak buat rica-rica lagi. Sudah sepuh lah, sudah 60-an tahun. Paling bantu goreng begitu. Saya yang kulak, racik bumbu juga saya dan kakak. Terus mengaduk rica-rica juga kakak,” ucap April.

Baca Juga: Sejarah Pelat Nomor Solo AD, Ternyata Ini Maknanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya