[x] close
Istimewa, Stadion Wembley Gelar Laga Terbanyak dan Final Euro 2020
Solopos.com|sport

Istimewa, Stadion Wembley Gelar Laga Terbanyak dan Final Euro 2020

UEFA menunjuk Stadion Wembley di London, Inggris, sebagai arena penyelenggara khusus partai semifinal dan final Euro 2020.

Solopos.com, SOLO - Kejuaran sepak bola antarnegara di Eropa, Euro 2020, segera dihelat pada 11 Juni 2021 mendatang. Euro kali ini akan dibuka di Stadio Olimpico Roma Italia dan berakhir di Stadion Wembley, London, Inggris.

Setelah tertunda selama kurang lebih satu tahun akibat pandemi Covid-19, Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memastikan Piala Eropa 2020 diselenggarakan pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 di 11 stadion sebagai lokasi pertandingan.

Euro 2020 mengusung konsep berbeda dengan gelaran sebelumnya. Tidak ada negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah tunggal dalam kejuaraan sepak bola bergengsi ini.

Baca Juga: Pandemi Paksa Euro 2020 Disebar di 11 Negara, Mana Saja?

Masing-masing stadion yang tersebar di beberapa kota akan digunakan sebagai tempat pertandingan penyisihan grup, 16 besar, perempat final, semifinal, hingga partai final.

Total ada 11 stadion di 11 kota yang ada di 11 negara Eropa ditunjuk dengan kriteria khusus, yaitu mampu menggelar pertandingan dengan jumlah penonton terbatas. Bahkan ada timnas yang beruntung dapat berlaga di kandang sendiri dan akan merasakan dukungan langsung dari supporter mereka.

Pertandingan pembuka Piala Eropa 2020 bertempat di Stadio Olimpico Roma pada 11 Juni 2021. Stadion ini menggelar fase penyisihan Grup A. Italia versus Turki akan menjadi laga pembuka.

Skillzy, Maskot Euro 2020 Terinspirasi Gaya Sepak Bola Freestyle

 

Penyelenggara Khusus

UEFA menunjuk Stadion Wembley di London, Inggris, sebagai arena penyelenggara khusus partai semifinal dan final Euro 2020. Selain itu, Stadion Wembley turut menggelar tiga pertandingan penyisihan grup dan dua laga di 16 besar Euro 2020.

Selanjutnya, Saint Petersburg Stadium di Rusia menjadi tuan rumah dengan jumlah pertandingan terbanyak kedua. Di sini akan diselenggarakan enam laga penyisihan grup dan satu agenda babak perempat final.

Adapun laga perempat final Euro 2020 akan dihelat di beberapa tempat, yaitu Olympic Baku Stadium (Azerbaijan), Allianz Arena Muenchen (Jerman), dan Stadio Olimpico Roma (Italia).

Belgia Tertinggi, Ini Ranking FIFA Timnas Kontestan Euro 2020

Terdapat enam stadion berikutnya yang akan menyelenggarkan pertandingan di fase penyisihan grup dan satu agenda laga babak 16 besar. Johan Cruijff Arena (Amsterdam, Belanda), National Arena (Boekarest, Romania), Parken (Copenhagen, Denmark), Puskas Arena (Budapest, Hongaria), Hampden Park (Glasgow, Skotlandia), dan La Cartuja (Sevilla, Spanyol).

 

Stadion Penyelenggara Euro 2020

1. Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan

2. Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda

3. Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark

4. Puskas Arena, Budapest, Hongaria

5. Wembley Stadium, London, Inggris

6. Stadio Olimpico, Roma, Italia

7. Allianz Arena, Muenchen, Jerman

8. National Arena, Bukares, Romania

9. St. Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia

10. Hampden Park, Glasgow, Skotlandia

11. La Cartuja, Sevilla, Spanyol



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago