SOLOPOS.COM - Penandatanganan kesepakatan pembelian REC antara PLN bersama dengan Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (24/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Perusahaan Listrik Negara atau PLN menyediakan produk Renewable Energy Certificate (REC) untuk pelanggan yang menginginkan penggunaan energi baru terbarukan. Penggunaan REC PLN kian diminati oleh pelanggan mulai dari sektor industri sampai dengan pemerintahan.

Pada Selasa (24/5/2022), PLN bersama dengan Istana Kepresidenan Yogyakarta melakukan penandatanganan kesepakatan pembelian REC. Penandatanganan ini dilakukan oleh Manager PLN UP3 Yogyakarta, Ahmad Samsuri, dengan Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta, Deni Mulyana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Istana Kepresidenan Yogyakarta menyutujui pembelian sertifikat energi terbarukan sesuai dengan penggunaan listrik perbulan selama 24 bulan sampai dengan April 2024 mendatang. Deni Mulyana menerangkan pihaknya mendukung penggunaan energi ramah lingkungan sejalan program pemerintah.

“Istana Kepresidenan Yogyakarta ikut mendukung energi hijau terbarukan, sesuai dengan program pemerintah menuju Indonesia Zero Emision pada tahun 2060,” ujar Deni.

Sementara itu, General Manager PLN UID Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra mengatakan melalui REC, PLN mendukung pemanfaatan energi yang bersih dan ramah lingkungan.

Baca juga: PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Dukung Kelancaran UTBK SBMPTN 2022

“REC merupakan layanan PLN berupa pengakuan penggunaan energi baru terbarukan [EBT] yang transparan, akuntabel dan diakui secara internasional, di mana satu unit REC setara dengan satu MWh,” terangnya.

Mengurangi Emisi Karbon

Dengan pembelian REC ini, Istana Presiden Yogyakarta juga turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon dan mendorong pertumbuhan pembangkit EBT untuk memenuhi target bauran nasional sebesar 23 persen pada tahun 2025 mendatang.

Di wilayah Yogyakarta, terdapat 4 pelanggan yang telah membeli Renewable Energy Certificate. Selain Istana Kepresidenan Yogyakarta, pelanggan lain dari sektor industri yaitu PT Ameya Livingstyle Indonesia, PT Anggun Kreasi Mandiri, dan PT Busana Remaja Indonesia.

Baca juga: Tanggul di Semarang Jebol, PLN Respons Cepat Amankan Jaringan Listrik

“REC PLN dapat dibeli secara korporasi maupun individu, bagi pelanggan yang ingin melakukan pembelian REC PLN, dapat langsung mengunjungi website PLN,” pungkas Irwansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya