SOLOPOS.COM - Seorang turis berlatih menembak di sekolah militer Israel (JIBI/Reuters/Nir Elias)

Israel mengadakan pelatihan anti-teror khusus untuk turis di sebuah sekolah militer.

Solopos.com, YERUSALEM – Israel memiliki sekolah militer khusus untuk turis. Sekolah yang diberi nama Caliber 3 Israeli Counter Terror and Security Academy itu terletak di Yerusalem, Israel. Di sana, mereka akan diajarkan cara bertempur dan menyusun siasat berperang secara singkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari Newsweek, Selasa (18/7/2017), selama latihan, para turis akan didampingi instruktur yang terlatih di bidangnya. Mereka akan diajari cara menembak, memakai senjata tajam, serta menyerang lawan saat berperang untuk melindungi diri dan menyelamatkan sandera.

Sekolah militer ini kali pertama dibuka pada 2003 dengan tujuan mendidik masyarakat memerangi terorisme oleh mantan tentara Israel, Sharon Gat. Selama bertugas ia telah memimpin dan melatih lebih dari 10.000 tentara. Sayang pada awalnya pemerintah Israel melarang aktivitas sekolah militernya.

“Awalnya pemerintah melarangku melakukan semua ini. Tapi, lama kelamaan mereka sadar betapa pentingnya sekolah ini untuk memberi pemahaman tentang kekuatan negara,” kata Gat.

Namun, seiring berjalannya waktu mereka memahami pentingnya pendidikan militer itu untuk menunjukkan kekuatan tentara negara. Kini, setiap tahunnya pengunjung sekolah tersebut tercatat sekitar 15.000 sampai 25.000. Kebanyakan turis yang datang berasal dai Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Prancis, Italia, Rusia, serta Tiongkok.

“Saya pernah berpikir apakah mungkin seorang tentara sepertiku bisa membuat sebuah sekolah di Israel untuk melatih tentara dari luar negeri. Sejak saat itu saya mencoba mewujudkan cita-cita ini. Dan lihatlah hasilnya sekarang,” sambung Gat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya