Isolasi 88 Warga Positif Covid-19 di RS, Bupati Madiun: Supaya Perawatan Terjamin
Solopos.com|jatim

Isolasi 88 Warga Positif Covid-19 di RS, Bupati Madiun: Supaya Perawatan Terjamin

Warga dua desa di Madiun yang terpapar Covid-19 klaster hajatan diisolasi di RSUD Dolopo oleh Bupati Ahmad Dawami.

Solopos.com, MADIUN -- Bupati Madiun, Jawa Timur, Ahmad Dawami, mengevakuasi seluruh warga yang terpapar Covid-19 di Desa Mojopurno dan Desa Bantengan, Kecamatan Wungu ke RS. Jumlahnya ada 88 warga. Mereka kini diisolasi di RSUD Dolopo, Madiun.

Puluhan orang ini terpapar Covid-19 setelah menghadiri acara resepsi pernikahan warga di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan.

“Ini dilakukan untuk melokalisasi supaya pasien tidak menyebarkan [virus]. Jadi penyebaran bisa dikendalikan,” kata dia di sela-sela menjemput warga positif Covid-19 di Dukuh Bulurejo, Senin (14/6/2021) malam.

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini pengisolasian warga yang terpapar Covid-19 ini untuk menjamin perawatan supaya bisa lebih maksimal. Dia tidak ingin terjadi keterlambatan dalam penanganan pasien Covid-19.

Baca Juga: Ngeri, 88 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Pernikahan di Madiun

Dia juga menjamin ketersediaan tempat tidur bagi puluhan warga yang dibawa ke rumah sakit. Jika kurang, pemerintah segera menyediakan tempat tidur tambahan.

Kondisi puluhan warga yang terpapar corona itu sebagian besar tanpa gejala. Namun, ada beberapa yang mengalami gejala ringan.

Kaji Mbing mengatakan akan menunggu laporan terkait sumber penyebaran virus di Dukuh Bulurejo. Selain itu, pihaknya akan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur sebelum membuat keputusan terkait larangan hajatan.

Dia menegaskan penyelenggara seharusnya mengantongi izin dari kepala desa setempat dan tim satgas sebelum menggelar hajatan. “Sampai saat ini, PPKM Mikro masih berjalan. Artinya, setiap hajatan harus ada mekanisme yang harus dilewati,” kata bupati.

Baca Juga: Sabar, Daftar Tunggu Calon Haji di Madiun Mencapai 30 Tahun

Menurutnya, yang terpenting masyarakat juga harus berpartisipasi untuk mencegah persebaran Covid-19.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago