SOLOPOS.COM - Maskot The 3rd Islamic Solidarity Games di Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang terpampang kala digelar gladi resik pembukaan even olahraga itu, Sabtu (21/9/2013). Islamic Solidarity Games III di Palembang Sumatra Selatan, yang berlangsung hingga Selasa (1/10/2013) itu akan dibuka secara resmi oleh Presiden SBY hari ini. (JIBI/Solopos/Antara/Fanny Octavianus)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Minggu (22/9/2013) ini, dijadwalkan membuka secara resmi acara 3rd Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Gelanggang Olahraga (GOR) Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. Acara pembukaan ISG 2013 ini rencananya juga akan dihadiri oleh Presiden Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) yang juga Pangeran Kerajaan Arab Saudi Nawaf bin Faisal bin Fahd.

Laman resmi pemerintah Setkab.go.id, Sabtu (21/9/2013), menyebutkan pembukaan secara resmi even olahraga negara-negara muslim itu akan dimeriahkan parade para atlet yang diawali dengan marching band yang diikuti oleh tiga orang pembawa bendera, serta diikuti mobil hias. Tiga bendera yang diarak itu adalah bendera Indonesia, bendera Indonesia Islamic Solidarity Games Organizing Committee (Inaisgoc), dan bendera Islamic Solidarity Games Federation (ISSF)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menyusul barisan pembuka acara itu, 47 orang pembawa bendera dan nama negara peserta beserta para atlet melakukan defile sesuai dengan urutan abjad, dan diakhiri oleh Indonesia selaku tuan rumah. Pada saat dilakukan defile peserta akan diiringi oleh lagu tradisional dari masing-masing negara peserta. Di pengujung acara akan dipersembahan tarian kolosal Spirit Islamic Solidarity oleh pelajar SMA dan sanggar tari dari Palembang.

Ekspedisi Mudik 2024

ISG 2013 yang dijadwalkan berlangsung Selasa (1/10/2013) diikuti oleh 47 negara dari 57 negara anggota Islamic Solidarity Sport Faderation (ISSF). Negara-negara peserta 3rd Islamic Solidarity Games adalah Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasso, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Arab Saudi, Sudan, Tajkistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab, Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambua, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Jibouti, Bangladesh, dan Chad.

Ke-47 negara melibatkan 3.257 orang delegasi yang terdiri atas 2.668 atlet dan 589 official dari 13 cabang olahraga. ISG 2013 ini akan mempertandingkan cabang olahraga atletic; renang; panahan; bulutangkis; bola basket; sepak bola; karate; taekwondo; tennis; bola voli; voli pantai; angkat besi;  dan wushu. Cabang olahraga sepak bola, sebagaimana diketahui, telah mengawali pertandingan Jumat (20/9/2013) lalu.

Sebagai tuan rumah kIndonesia mengirimkan 345 orang atlet, yang terdiri atas 146 atlet putra, dan 87 atlet putri. Indonesia akan ambil bagian di seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya