SOLOPOS.COM - Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo berlatih sebelum mengisi hiburan di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Nantinya, disiapkan dua grup dari ISI Solo untuk tampil di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO – Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Minggu (11/12/2022). Masing-masing grup karawitan akan menghibur tamu di dua lokasi berbeda yakni di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

Grup karawitan dari ISI Solo ini berlatih secara serius pada Jumat (2/12/2022). Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) ISI Solo, Guntur Sulistyono, menjelaskan dua grup karawitan ISI Solo siap untuk memeriahkan acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Guntur juga menyebut sudah menyiapkan 15 gending (lagu dari gamelan).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Karena kalau di Loji Gandrung itu kan acara adat jadi ada gending tradisi yang memang wajib dibawakan seperti Dandang Gulo, Boyong Basuki dan lain-lainnya. Kalau yang di Pura Mangkunegaran, karena acaranya sifatnya menghibur jadi ada lagu populer seperti Ojo dibandingke [karya Abah Lala yang dipopulerkan] Farel Prayoga nanti kami bawakan di Pura Mangkunegaran,” ujar Guntur kepada wartawan pada Jumat (2/12/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Guntur Sulistyono juga menyebut, lagu Ojo Dibandingke digubah untuk dibawakan secara tradisional ini merupakan permintaan dari panitia. “Kalau Ojo Dibandingke itu merupakan permintaan dari panitia karena itu sifatnya untuk menghibur tamu,” lanjutnya.

Di Loji Gandrung disiapkan sekitar 20 orang kru karawitan, sedangkan di Pura Mangkunegaran disiapkan 23 orang. “Total pengisinya sekitar 48 orang untuk tampil di dua lokasi tersebut, tapi nanti juga ada yang tampil dua kali. Kalau ditotal peserta kru yang bertugas ada 60 orang, itu termasuk tim produksi, penabuh, rias dan penampil yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan dari PLP,” ujar Guntur.

Baca Juga: Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

Sebagai informasi, Kaesang-Erina akan mengikuti kirab dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Prosesi adat pernikahan, antara lain siraman, dilakukan di rumah pribadi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya