SOLOPOS.COM - Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, memberikan ucapan selamat kepada wisudawan saat acara wisuda di Pendopo Ageng ISI Solo, Jumat (14/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melepas 312 wisudawan dari program Sarjana, Magister, dan Doktor. Acara wisuda ini digelar di Pendopo Ageng ISI Solo pada Jumat (14/10/2022) pagi.

Ini adalah acara wisuda periode II tahun 2022 di ISI Solo. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana Wisuda ISI Solo, Wiwik Setiyowati.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disusul pesan Rektor yang dibacakan Wakil Rektor Bambang Sunarto. Dalam pesan Rektor tersebut ada tiga prinsip yang disampaikan untuk dipegang teguh kepada para wisudawan ISI Solo.

“Ada tiga prinsip menuju masa depan yang bisa dipegang oleh alumni ISI Surakarta. Pertama, selalu menjaga dialog antarruang agar tidak terfragmentasi secara akademik. Kedua, menjaga jalinan aksiologis antara ilmu yang telah saudara terima selama studi dengan realitas sosial. Ketiga, mengembangkan sikap akademik yang terbuka,” ucap Bambang Sunarto.

 Tiga prinsip tersebut diharapkan terus dipegang teguh oleh para alumni ISI Solo untuk bisa menghadapi tantangan di masa depan. Untuk itu, para wisudawan diharapkan dapat mempersiapkan diri berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa.

Baca Juga: Selamat! 402 Mahasiswa UDB Surakarta Diwisuda, 12 Lulusan Terbaik

“Hal itu terutama diperlukan karena Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk lebih fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia, maka jadilah pribadi yang profesional, adaptif dan unggul,” kata Bambang Sunarto membacakan pesan Rektor.

Kemudian dalam rangkaian acara, terdapat Laporan Wisuda yang dibacakan Wakil Rektor ISI Solo Sugeng Nugroho. Sugeng menyebut ada 312 wisudawan yang diwisuda pada hari ini, di mana 59 wisudawan ISI Solo lulus dengan predikat Cumlaude.

Masa Studi Tercepat Wisudawan ISI Solo

“Ada 312 orang wisudawan, dengan 59 di antaranya lulus dengan memperoleh predikat sangat memuaskan atau Cumlaude,” jelasnya.

Dalam wisuda tersebut juga terdapat wisudawan Program Studi di Luar Domisili (PDD) ISI Solo sebagai embrio Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan sebanyak 15 orang.

Baca Juga: STP Sahid Solo Wisuda 161 Mahasiswa, Begini Pesan Menparekraf Sandiaga Uno

Mereka terdiri atas tiga orang wisudawan ISI Solo Program Studi Desain Interior dan 12 wisudawan Program Studi Film dan Televisi. Masa studi wisudawan tercepat untuk Program Sarjana Terapan Diploma 4 adalah 3 tahun 9 bulan.

Program Sarjana 3 tahun 7 bulan, Program magister 1 tahun 9 bulan, dan Program Doktor 4 tahun 5 bulan. Perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi untuk Program Sarjana Terapan IPK 3.89.

Program Sarjana IPK 3.82, Program Magister IPK 3.95, dan Program Doktor IPK 3.92. Sedangkan total jumlah lulusan Ahli Madya, Seniman Karawitan, Sarjana Seni, Magister, dan Doktor sebanyak 6.808 orang.

Jumlah itu berdasarkan catatan wisudawan sejak ISI Solo masih berstatus Akademi Seni Karawitan Indonesia Surakarta, Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta, hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya