SOLOPOS.COM - Kondisi rumah mendiang Wahyu Sardono alias Dono Warkop DKI di Kragan, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Klaten Sabtu (6/11/2021). Rumah yang sudah kosong bertahun-tahun itu masih dikunjungi wisatawan sekadar swafoto. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Rumah mendiang pelawak Wahyu Sardono alias Dono Warkop DKI di Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, kosong selama puluhan tahun. Meski demikian, kondisi rumah itu masih terawat, bahkan isi di dalam rumah Dono masih lengkap.

Selama ini, rumah yang berlokasi di RT 002/RW 011, Dukuh Kragan, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Klaten itu dirawat oleh Siti, 52, dan suaminya. Ditemui Solopos.com, di rumah Dono Warkop, Sabtu (6/11/2021), Siti dan suaminya mengaku tidak pernah sekalipun masuk ke dalam untuk melihat isi rumah tersebut. Padahal di dalam rumah tersebut, kata dia, masih terdapat berbagai perabot rumah tangga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami enggak berani masuk ke dalam rumah. Yang kami bersihkan hanya bagian luar [teras],” katanya.

Baca juga: Rumah Dono Warkop di Klaten Kosong Puluhan Tahun, Angker Gak Ya?

Siti menambahkan, dulu teras rumah tersebut dimanfaatkan untuk membuka angkringan. Namun, kini justru disulap menjadi kedai susu segar oleh anaknya.

“Dulu, teras rumah sempat digunakan angkringan oleh adik saya, Tokrik. Sekarang digunakan untuk usaha susu segar oleh anak saya,” sambung dia.

Sampai saat ini, rumah kosong peninggalan Dono Warkop itu masih sering didatangi warga maupun wisatawan yang melintas di Delanggu. Jika dilihat dari bangunannya, rumah itu jauh dari kesan mewah, malah justru sangat sederhana.

Baca juga: Penampakan Rumah Dono di Klaten: Atap Keropos, Teras Jadi Kedai Susu

Bangunan rumahnya terbuat dari kayu. Atapnya genting tanah yang sudah berwarna coklat kehitaman menandakan usianya yang sudah tua dan dilengkapi dengan seng di bagian teras. Bagian atap rumah model lama itu pun sudah mulai keropos.

Sebagai informasi, Dono Warkop lahir di Delanggu pada 30 September 1951. Ia meninggal pada 30 Desember 2001 silam karena penyakit kanker paru-paru. Ia meninggalkan tiga anak, masing-masing bernama Andika Aria Sena, Damar Canggih Wicaksono, dan Satria Sarwo Trengginas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya