Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Isi Bensin Full Tank Apakah Bahaya? Ternyata Begini Jawabannya

Isi bensin full tank apakah bahaya? Pertanyaan ini sering dilontarkan beberapa pemilik kendaraan bermotor.
SHARE
Isi Bensin Full Tank Apakah Bahaya? Ternyata Begini Jawabannya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Isi Bensin Full Tank (Mypertamina.id)

Solopos.com, SOLO — Isi bensin full tank apakah bahaya? Pertanyaan ini sering dilontarkan beberapa pemilik kendaraan bermotor. Mereka khawatir jika tangki penuh bahan bakar minyak (BBM) bisa berefek buruk pada kendaraan.

Biar tidak bingung, berikut penjelasannya yang dikutip Solopos.com dari Mypertamina.id, dan Daihatsu.co.id mengenai hal tersebut.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ketika bensin di tangki sudah setengah disarankan untuk mengisinya tanpa harus menunggu penanda isi tangki di speedometer menyentuh garis merah.

Mengisi bensin full tank juga diwajibkan pada mobil yang akan ditinggal selama beberapa hari. Alasan utama adalah agar tidak timbul embun di tangki.

Ketika berembun kemudian berubah menjadi air. Air bisa menimbulkan karat dapat menyumbat aliran bahan bakar, sehingga tidak lancar ke mesin pembakaran.

Baca juga: Gonta Ganti Merek Oli, Awas Ini Dampaknya Buat Sepeda Motor

Kendati disarankan mengisi bensin full tank. Namun tetap saja muncul pertanyaan isi bensin full tank apakah berbahaya?

Isi bensin full tank memang penting asal sesuai dengan anjuran. Jangan sampai kekurangan, tapi jangan sampai kelebihan juga.

Mengisi bahan bakar minyak terlalu banyak hingga meluber bisa berbahaya. Lantas apa bahaya isi bensin  full tank sampai meluber.

Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang dan terbuang percuma. Uapnya juga berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Cara Naik KRL Tanpa Kartu Yang Berlaku Mulai Hari Ini

Jika isi bensin full tank bahkan sampai meluber akan berbahaya jika sampai mengalir keluar.

Jika bahan bakar minyak sampai bersentuhan dengan api dari berbagai sumber, bisa dari knalpot dan lain-lain. Bisa menimbulkan api yang besar dan membahayakan banyak orang.

Selain itu bahaya isi bensin full tank yang tumpah dan mengalir mengenai ban motor juga bisa menyebabkan kerusakan pada ban. Begitu pula bila terkena komponen lainya.

Jadi isi bensin full tank jika sesuai anjuran memberikan manfaat baik. Namun jangan sampai meluber bahkan mengenai komponen lain sepeda motor.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode