SOLOPOS.COM - Maggot hasil budidaya Rudiyanto yang dipamerkan olehnya kepada wartawan pada Selasa (16/2/2022). Ia mengatakan, dalam seminggu, ia bisa memanen lima hingga tujuh kwintal. (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pria asal Desa Trayu, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rudiyanto, melakukan budidaya maggot sebagai alternatif pakan lele, ayam, unggas, dan burung.

Sebagai informasi, maggot atau sering disebut belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF). Rudiyanto mengaku membudidayakan maggot berawal dari iseng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Selangkah Lagi, Maggot Gempol Klaten Tembus Pasar Ekspor

“Saya sudah 1,5 tahun menenekuni budidaya maggot. Dapat ide awalnya iseng ya, dari YouTube dan belajar dari YouTube,” ungkap Rudiyanto kepada wartawan saat ditemui Selasa (15/2/2022) di tempat budidaya.

Dalam seminggu, Rudiyanto mengaku menghasilkan lima hingga tujuh kuintal maggot. “Harganya Rp7.000 per kilogram kalau partai besar. Kalau eceran Rp10.000,” jelasnya.

Baca Juga : Bisa Kurangi Puluhan Kg Sampah Organik, DKPP Solo Budidayakan Maggot

Jika dihitung menggunakan acuan jumlah dan harga panen terendah, paling tidak Rudiyanto menghasilkan Rp3,5 juta per minggu. Lebih lanjut, Rudiyanto mengatakan pasar untuk menjual maggot sudah terbentuk. “Saya buang [jual] ke daerah Klaten dan Jogja. Itu sudah diambil,” tutur dia.

Ia mengungkapkan pasar maggot sangat ramai bahkan kewalahan memenuhi kebutuhan pembeli. “Itu kadang saya carikan maggot ke tempat budidaya lain,” ungkapnya.

Baca Juga : Melihat Budidaya Maggot Sebagai Sarana Edukasi di Taman Winasis Solo

Saat awal membangun usaha, Rudiyanto mengaku pasar maggot menjadi salah satu kendala. Namun, sekarang kendala yang ia hadapi bukan lagi pasar, tapi pakan. “Pakannya kewalahan. Kalau pakannya ya limbah resto, limbah makanan yang sudah basi. Sama sayuran-sayuran.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya