SOLOPOS.COM - Irjen Djoko Susilo

Irjen Djoko Susilo

JAKARTA– Ketika Irjen Djoko Susilo ditetapkan sebagai tersangka, muncul pertanyaan akan ditahan di manakah tersangka kasus Simulator SIM itu kelak mengingat sang jenderal bintang dua ini? Titik terang muncul setelah KPK sepakat dengan TNI untuk meminjam rutan Militer Kodam Jaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang petinggi di bagian penindakan KPK pernah bercerita, pihaknya menghadapi masalah besar dan berlapis terkait Simulator SIM. Tiga dari empat tersangka yang mereka tetapkan, juga menjadi tersangka di Bareskrim dengan judul kasus yang sama persis.

Selain itu, cerita sang petinggi, untuk mengurusi berkas Irjen Djoko Susilo. “Mau dititipkan di mana?,” ujarnya.

Jika dititipkan di rutan biasa, KPK menilai hal itu tetap rawan karena Irjen Djoko bukan orang sembarangan. Kalau pun dititipkan di KPK, para petugas keamanan lembaga itu harus terus-terusan melakukan penjagaan ekstra ketat.

Alhasil, satu solusi pun mengemuka, KPK akan menitipkan Irjen Djoko di tempat yang netral namun memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Rutan militer Kodam Jaya adalah jawabannya.

Pemeriksaan perdana Irjen Djoko susilo memang sudah tidak lama lagi. Pekan lalu Jubir KPK Johan Budi menyatakan pemeriksaan mantan Kakorlantas itu dilakukan sekitar dua pekan lagi.

“Mengenai penahanan atau ditahan di mana itu terlalu jauh. Semua itu tergantung penyidik,” ujar Johan Kamis (13/9/2012).

Pada Selasa lalu, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan cepat atau lambat Irjen Djoko Susilo yang menjadi tersangka akan ditahan. “Tersangka ya pasti ditahan,” papar Busyro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya