SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Investasi Wonogiri, sebuah pabrik besar padat karya segera berdiri di Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI — Perusahaan padat karya direncanakan kembali dibangun di Wonogiri dalam waktu dekat. Saat ini rencana pendirian pabrik masih dalam tahap perizinan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan (BPMPP) Wonogiri, Eko Subagyo, mengatakan perusahaan padat karya yang dimaksud bergerak dalam bidang garmen. Namun, dia belum bisa menyebutkan data terperinci perusahaan tersebut.

“Saat ini masih mengurus izin. Termasuk izin lokasi, ” kata dia kepada wartawan belum lama ini.

Lokasi yang disasar pabrik tersebut adalah wilayah Sendangijo, Selogiri. Namun begitu, menurut Eko, masih ada kendala terkait izin lokasi tersebut, khususnya masalah jalan untuk menuju lokasi.

“Harus ada jalur khusus untuk mengantisipasi adanya kendaraan besar,” kata dia.

Tahun ini sudah ada satu pabrik yang dibangun, yaitu pabrik kertas di Timang, Desa Wonokerto, Wonogiri. Izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO) pabrik di Timang itu sudah kelar.

“Sekarang baru tahap mendatangkan alat-alat. Kalau alat sudah, tenaga kerja sudah siap, baru nanti izin usahanya,” kata dia.

Eko mengatakan hingga saat ini belum mendapatkan informasi terkait kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan yang akan membangun pabrik di Sendangijo tersebut. Namun, dia berharap keberadaan perusahaan di Wonogiri mampu membantu mengurangi pengangguran.

Dia mengatakan target investasi Wonogiri tahun ini masih di bawah Rp500 miliar. Sedangkan untuk capaiannya hingga triwulan ketiga sudah mencapai sekitar Rp1 triliun. Artinya capaian investasi sudah melebihi target.

“Pabrik kertas di Timang rencana investasinya Rp9 miliar. Tapi setelah semua siap dan izin usaha industri ada, kemungkinan terjadi perubahan. Bisa lebih tinggi investasinya,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Wonogiri,  Joko Sutopo, menyatakan Pemkab Wonogiri berkomitmen membangun iklim investasi di Wonogiri. Dia mengatakan akan memberikan kesempatan kepada para investor untuk menanamkan investasi di Wonogiri.

Investasi itu terutama yang berbasis kemitraan dan pemberdayaan. “Melalui investasi berbasis kemitraan dan pemberdayaan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya