SOLOPOS.COM - ilustrasi emas batangan (JIBI/Liputan6)

Investasi emas dinilai masih menguntungkan untuk jangka panjang.

Solopos.com, SOLO—Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menurun setelah libur panjang Lebaran. Pegadaian Cabang Cokronegaran, Solo pun kembali menggenjot penjualan emas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data yang dihimpun solopos.com, harga jual emas Antam pada Jumat (24/7/2015) mencapai Rp547.000/gram. Harga tersebut turun dibandingkan beberapa hari sebelum Lebaran yang mencapai Rp550.000/gram.

Pergerakan turun juga terjadi pada buyback atau pembelian kembali yang berada pada harga Rp468.000/gram. Beberapa hari sebelum Lebaran, harga pembelian kembali mencapai Rp493.000/gram.

Pengelola Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran, Purwita Ayu, mengatakan penjualan emas kembali bergairah seusai Lebaran. Menurunnya harga emas menjadi salah satu pemicu meningkatnya penjualan logam mulia tersebut.

“Sepekan sebelum Lebaran, harga emas sempat stagnan Rp550.000/gram. Tetapi setelah Lebaran turun sampai Rp547.000 dan mulai banyak yang melakukan pembelian,” ujarnya saat ditemui solopos.com di kantor setempat, Jumat.

Emas yang paling diminati adalah kepingan 5 gram hingga 25 gram. Sementara, masyarakat pemula yang sedang belajar berinvestasi biasanya mencoba membeli dengan kepingan emas 1 gram hingga 2 gram. Dia memperkirakan permintaan terhadap emas akan terus meningkat pekan depan.

“Pembeli biasanya pesan lewat telpon dahulu dan Kamis [23/7] kemarin [lusa] sudah cukup banyak yang berminat. Mungkin pekan depan kembali ramai lagi karena banyak yang aktif bekerja lagi,” ujarnya.
Sementara, hingga pertengahan Juli ini sektor gadai di Pegadaian Cokronegaran belum menggeliat.

“Biasanya memasuki tahun ajaran baru banyak yang menggadaikan barang, tetapi saat ini masih sepi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya