SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak pakai kompor induksi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-PT PLN (Persero) siap mengawal program konversi dari kompor LPG ke induksi, lalu apa sajakah kelebihan jenis peralatan memasak satu ini?  Langkah konversi ini dilakukan sebagai salah satu solusi untuk menekan impor dan memperbaiki neraca perdagangan nasional.

Ada sejumlah kelebihan kompor induksi sehingga peralatan memasak ini sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di lingkungan perkotaan. Kompor jenis ini memungkinkan penggunanya untuk bisa memasak tanpa harus menggunakan api dan diganti dengan energi listrik sebagai sumber panasnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini beberapa kelebihan kompor induksi dibandingkan kompor lain seperti dikutip dari rinnai.co.id pada Kamis (25/11/2021):

1. Hemat Energi

Kelebihan kompor induksi yang menggunakan energi listrik adalah menawarkan efisiensi energi yang tinggi jika dibandingkan dengan kompor gas. Hal ini dikarenakan kompornya bisa bekerja dengan lebih cepat tanpa harus menciptakan api. Kamu hanya perlu menyalakan kompor untuk waktu lebih singkat.

Baca Juga:  PLN Gagas Kompor Induksi, Apa Perbedaannya dengan Kompor Listrik?

2. Proses Memasak Bisa Lebih Cepat

Jika Kamu ingin memanaskan air dalam waktu yang cepat, maka kompor induksi adalah solusinya karena hal ini menjadi salah satu keunggulan utama yang dimiliki kompor jenis ini. Bahkan hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk merebus air.

3. Memiliki Fitur dan Sistem Otomatis

Kompor induksi memiliki fitur dan sistem menarik yang bisa diprogram atau diatur sesuai kebutuhan. Contoh, fitur untuk mengatur durasi memasak sehingga jika waktunya mati kompor secara otomatis akan mati sendiri.

Fitur ini sangat menguntungkan karena Kamu bisa memasak sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Menariknya lagi, terdapat fitur kontrol yang bisa dengan mudah dikontrol dari handphone pada beberapa model kompor induksi.

4. Lebih Mudah Dibersihkan

Mengingat panas yang dihasilkan dari dasar dan bersumber dari energi listrik, maka Kamu bisa segera membersihkan bagian atas kompor induksi dengan mudah setelah selesai memasak. Oleh karena itu, tidak perlu lagi menunggu kompor menjadi dingin sehingga bisa lebih hemat waktu.

Baca Juga: Lakukan Ini Setelah Dinyatakan Positif Covid-19 Seperti Lisa Blackpink

5. Lebih Aman

Kompor ini cenderung lebih aman digunakan untuk anak-anak maupun remaja yang ingin belajar memasak karena tidak menghasilkan api dan juga tidak memerlukan gas. Sehingga kompor induksi sangat direkomendasikan untuk digunakan di dapur rumah tangga.

6. Tidak Meninggalkan Asap

Berhubung tidak ada api yang dihasilkan pada saat kompor induksi dinyalakan, maka tidak ada asap atau sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna yang biasa ditemukan pada kompor konvensional. Panas yang dihasilkan merupakan reaksi elektromagnetik sehingga lebih ramah lingkungan.

7. Praktis

Kompor induksi bisa dibilang sangat praktis untuk digunakan karena Kamu tidak perlu lagi membongkar pasang tabung gas. Tak aka nada lagi cerita tidak bisa memasak hanya karena tabung gas elpiji habis dan harus keluar untuk membeli di toko.

Baca Juga: Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan

8. Desain Menarik

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, tampilan desain kompor induksi lebih menarik dan lebih clean. Dapur di rumah Kamu pun akan semakin terlihat canggih, cantik, dan terkesan mewah. Apalagi tidak perlu ada banyak barang lagi di dapur seperti selang, regulator, dan tabung gas.

9. Panas Bisa Diatur

Pengaturan panas pada kompor induksi bisa lebih presisi jika dibandingkan dengan kompor konvensional. Kamu bisa mengatur panas kompor sesuai kebutuhan seperti untuk memasak sop, sekedar menghangatkan, atau hot pot. Dengan kecanggihannya tak perlu khawatir masakan gosong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya