SOLOPOS.COM - Ilustrasi toilet unik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mumpung Hari Toilet Sedunia yang dirayakan pada 19 November, intip yuk sejumlah fasilitas umum ini yang  terlihat unik atau tidak biasa. Simak ulasannya di tips travelling berikut ini.

Jika kamu sering bepergian ke sejumlah daerah atau negara, kamu pasti bakal menemukan aneka WC umum yang bikin geleng-geleng kepala. Bukan hanya dari segi arsitekturnya, melainkan bisa jadi dari sisi lokasinya yang tidak biasa!

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Toilet begitu sering melampaui fungsi utamanya sebagai kenyamanan untuk menjadi karya seni dengan haknya sendiri, atau untuk membuat pernyataan budaya tentang prioritas, tradisi, dan nilai tempat, lokasi, dan komunitas yang mereka layani.

Baca Juga: Tips Memakai Toilet Umum yang Kotor agar Terhindar dari Penyakit

Berikut ini deretan toilet unik di dunia seperti dikutip dari lonelyplanet.com pada Sabtu (19/11/2022):

2. Krafla, Islandia

Ada shower yang selalu terbuka di tengah pedalaman Islandia, dekat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Krafla. Ini adalah sebuah teka-teki. Tampaknya tidak ada yang tahu siapa yang memasangnya, atau mengapa, tetapi itu tidak mengkhawatirkan para pejalan kaki yang bahagia, yang, setelah menemukannya, selalu menampilkan gambar Instagram diri mereka yang bertengger di toilet umum unik tersebut.

2. Kamp Barafu, Tanzania

toilet unik di dunia
Toilet di Kamp Barafu, Tanzania. (lonelyplanet.com)

Berjongkok di tepi tebing, di atas ketinggian 4.600m di atas lereng Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Barafu Camp mengambil konsep toilet jangka panjang ke tingkat yang lebih tinggi. Kira-kira kamu mau enggak memakai fasilitas umum ini ya?

Baca Juga: 4 Tips Memilih Ukuran Tempat Sampah untuk Ditaruh di Rumah

3.  Ngarai Olduvai, Tanzania

Ngarai Oldupai Tanzania adalah bagian dari Rift Valley, tempat spesies manusia menghabiskan tahun-tahun formatifnya. Leluhur kuno kita menjalankan bisnis mereka di sini di Serengeti timur lebih dari 1,9 juta tahun yang lalu. Melanjutkan tradisi itu, toilet ini dilengkapi tempat duduk yang menjorok langsung ke tepi jurang.

4. Gunung Shuksan, Washington, AS

Toilet umum unik di dunia berikutnya bisa ditemukan di Gunung Shuksan. Fasilitas di base camp Sulphide Glacier Mt. Shuksan menawarkan pemandangan Gunung Baker yang megah pada hari yang cerah, tetapi bisa sedikit berangin saat cuaca tiba. Puncaknya menjulang di Taman Nasional Cascades Utara di Whatcom County, Washington, hanya 19km di bawah perbatasan Kanada.

Baca Juga: Megah Lur! Ini Potret Terbaru Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Ada Toilet VIP

5. Pulau toilet, dekat Placencia, Belize

toilet unik di dunia
Pulau toilet, dekat Placencia, Belize. (lonelyplanet.com)

Jika kamu berkunjung ke Belize, bisa jadi kamu bakal menemukan toilet berdiri di pulau tersendiri di lepas pantai Placencia, Belize. Wah, kira-kira siapa yang mampir buang hajat ke situ ya?

6. Eco-toilet, British Columbia, Kanada

Toilet ini terletak di tengah hutan di ruang terbuka, dikelilingi pepohonan besar. Kamu bisa menemukan salah satu toilet unik di dunia ini di Taman Provinsi Taylor Arm, area hutan belantara di sisi utara Danau Sproat di British Columbia, Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya