Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Intip Daftar Harga Terbaru Rumah Subsidi di Berbagai Daerah

Bagi masyarakat yang ingin membeli hunian dengan harga terjangkau, mungkin butuh informasi tentang harga rumah subsidi terbaru. 
SHARE
Intip Daftar Harga Terbaru Rumah Subsidi di Berbagai Daerah
SOLOPOS.COM - Warga melintas di salah satu kompleks perumahan bersubsidi di Pandeglang, Banten, belum lama ini. (Antaa Foto/Muhammad Bagus Khoirunas.

Solopos.com, SOLO —Bagi masyarakat yang ingin membeli hunian dengan harga terjangkau, mungkin butuh informasi tentang harga rumah subsidi terbaru.

Memang, program rumah subsidi menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang mendambakan hunian pribadi dengan harga miring di pasaran.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Menghadirkan harga yang terbilang terjangkau ketimbang rumah yang nonsubsidi, membuat program rumah subsidi ini menarik perhatian banyak orang. Lantas berapa harga rumah subsidi terbaru saat ini?

Rumah subsidi adalah rumah yang dijual dengan harga lebih terjangkau, diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat realisasi Program Sejuta Rumah telah mencapai 466.011 unit rumah di seluruh wilayah Indonesia hingga semester I 2022, yang terdiri dari 382.162 hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 83.849 hunian untuk non-MBR.

“Progres pembangunan Program Sejuta Rumah per 30 Juni 2022 lalu tercatat sebanyak 466.011 unit di seluruh wilayah Indonesia dan diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir tahun,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Kementerian PUPR, Jakarta seperti dilansir Antara belum lama ini.

Baca Juga: Sama-Sama Dikelola PLN, Ini Perbedaan Listrik Subsidi dan Nonsubsidi

Program Sejuta Rumah (PSR), kata dia, merupakan wujud percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan perumahan untuk menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat.

PSR dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2015 dengan capaian hingga akhir tahun 2021 lalu mencapai 6.871.094 unit.

Melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) masyarakat dapat terbantu pembiayaan rumahnya melalui KPR subsidi dengan bunga yang flat.

Baca Juga: Atasi Gap Kebutuhan Gula Konsumsi, Kemenperin Genjot Produksi

Tentunya harga rumah subsidi di berbagai tempat dan provinsi berbeda. Dari penelusuran Solopos.com melalui berbagai sumber, Selasa (9/8/2022) didapat beberapa harga rumah subsidi saat ini.

Untuk diketahui, dalam Keputusan Menteri PUPR No.242/KPTS/M/2020 salah satu poinnya berisi pengaturan tentang harga rumah subsidi yang disesuaikan dengan wilayah.

Tercatat harga rumah subsidi di Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) terbaru senilai Rp150.500.000.

Harga itu juga berlaku di Sumatra (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai) di mana harga rumah subsidi di kisaran angka Rp150.500.000.

Baca Juga: Pemkab Sragen Kunci Sawah Lestari 42.286 Hektare, Dilarang Alih Fungsi

Sementara itu Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu) harga rumah subsidi berada di Rp164.500.000.

Harga rumah subsidi di Sulawesi Rp156.500.000. Selanjutnya harga rumah subsidi di wilayah Bangka Belitung dan Kepulauan Mentawai sama yakni Rp156.500.000.

Sementara itu di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) harga rumah subsidi mencapai Rp168.000.000. Sedangkan harga rumah Maluku dan Maluku Utara sama yakni Rp168.000.000 dan di Papua seharga Rp219.000.000.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode