SOLOPOS.COM - Terkait gaji dokter, termasuk dokter spesialis bisa cukup bervariasi sesuai tempat di mana dia bekerja. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO — Sebagai profesi yang cukup bergengsi, gaji yang diterima dokter terutama dokter spesialis tergolong besar. Namun besarnya gaji dokter, terutama dokter spesialis kerap disebut belum sesuai tugas besar yang diembannya karena tugas mereka berkaitan dengan nyawa manusia.

Meski demikian profesi dokter masih dianggap mentereng dan dianggap berkelas, baik dipandang dari status ekonomi maupun sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait gaji dokter, termasuk dokter spesialis bisa cukup bervariasi. Beberapa profesi dokter spesialis disebut memiliki gaji tinggi seperti psikiater, dokter kandungan/ginekolog, ahli bedah, dan ahli anestesi. Sebagai perbandingan, dokter umum di rumah sakit bisa menyentuh angka Rp12 juta hingga Rp15 jutaan.

Sementara itu gaji dokter spesialis disebut bisa mencapai kisaran Rp20 juta hingga Rp45 juta sebulan. Itu belum termasuk penghasilan jasa profesi alias penghasilan tambahan. Namun gaji dokter spesial juga tergantung di tempat atau rumah sakit mana mereka praktik.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar gaji dokter spesialis seperti dirangkum dari sejumlah sumber, Sabtu (16/7/2022):

Baca Juga: Ini Hlo, Perincian Gaji PPPK Berdasarkan Golongan Terbaru

1. Dokter Spesialis Anak

Dokter spealis anak bekerja pada bidang khusus yaitu memberikan perawatan kepada anak, bayi, dan remaja. Perawatan yang dilakukan seorang dokter anak meliputi diagnosis, luka ringan, penyakit menular, penyakit umum, dan penanganan.

Selain itu, seorang dokter anak juga bertugas mengevaluasi tumbuh kembang anak dari mulai bayi hingga remaja. Untuk tugasnya itu, gaji dokter spesialis anak disebut sekitar Rp10 juta hingga Rp50 juta per bulan.

2. Dokter Spesialis Kandungan

Dokter spesialis kandungan mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar untuk menjaga dan
memastikan ibu yang hamil dan anak yang anak dilahirkan sehat.

Mengingat, banyak sekali masalah kandungan dan persalinan yang dihadapi ibu hamil. Dokter spesialis kandungan pun harus siap dan sigap menanganinya. Hingga tak heran gaji yang diterima dokter spesialis kandungan cukup tinggi yakni Rp25 juta-
Rp100 juta.

3. Dokter Spesialis Jantung

Dari sekian macam dokter spesialis yang ada di dunia, profesi dokter spesialis jantung merupakan salah satu yang paling dicari.

Mengingat, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita banyak diderita manusia termasuk di Indonesia.  Terkait gajinya, jangan terkejut bila gaji dokter spesiali jantung konon bisa mencapai Rp5 miliar-
Rp6 miliar.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini Daftar Pangkat, Golongan, dan Gaji PNS Terbaru

4. Dokter bedah

Dokter bedah berperan penting dalam menangani penyakit organ dalam misalnya cedera, bedah organ dalam tubuh, operasi dan masalah darurat lainnya. Pendapatan per bulan seorang dokter bedah mencapai Rp20 juta-Rp45 juta.

Itulah gambaran gaji dokter spesialis yang tampaknya cukup besar untuk bisa hidup layak di Indonesia. Namun gaji besar tersebut sepadan dengan peran dan tanggung jawab yang sangat besar dokter spesialis terhadap nyawa orang lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya